Robot Mungil Ini Siap Mengepel Lantai Rumah dengan Sendirinya

Bisa mengakses sudut-sudut sempit sekaligus mendeteksi dan menghindari objek penghalang

Bertahun-tahun merancang vacuum cleaner robotik, reputasi iRobot di bidang robot pembersih sudah tidak perlu diragukan lagi. Kini perusahaan yang berdiri pada tahun 1990 tersebut memperkenalkan kategori sistem pembersih otomatis baru, yakni sebuah robot pengepel lantai bernama Braava Jet.

Braava Jet banyak meminjam teknologi dari lini Roomba yang berjasa melambungkan popularitas iRobot selama ini. Pun begitu, ia ditugaskan secara spesifik untuk mengepel lantai, baik yang terbuat dari bahan kayu, keramik maupun berbagai jenis batu lainnya.

Fisik Braava terbilang ringkas, dengan dimensi 17 x 18 x 8 cm dan bobot 1,2 kg. Hal ini membuatnya sanggup mengakses sudut-sudut sempit, seperti misalnya di sekitar meja dapur, kamar mandi, atau di antara kaki meja dan kursi. Braava turut dibekali dengan kemampuan mendeteksi dan menghindari objek penghalang, dan ia dipastikan tidak akan lancang menapaki karpet Anda.

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menyelipkan bantalan pembersih ke bagian bawahnya, mengisi tangkinya dengan air dan menekan tombol "Clean" di permukaan atas Braava. Selanjutnya ia akan mulai mengepel lantai ruangan dengan pola yang sistematis, memastikan agar semua sudut terjangkau secara efisien.

Bantalan pembersih Braava ada tiga macam: Wet Mopping, Damp Sweeping dan Dry Sweeping, masing-masing ditujukan untuk intensitas noda yang berbeda. Bantalan Wet dan Damp memiliki material pembersih yang akan larut dengan air yang disemprotkan, sedangkan bantalan Dry dimaksudkan untuk menyeka dan membersihkan lantai dari debu atau sekadar bulu hewan peliharaan.

Ketiga macam bantalan pembersih ini bisa langsung dibuang setelah selesai dipakai mengepel. Kalau ingin berhemat, pengguna bisa membeli bantalan pembersih opsional yang bisa dicuci. Braava sendiri akan menyesuaikan mode pengepelan berdasarkan tipe bantalan pembersih yang terpasang.

Meski didesain untuk kebutuhan rumahan, Braava tetap mengedepankan aspek portabilitas lewat baterai rechargeable dan sebuah handle. Perangkat ini sudah dipasarkan di AS dan Kanada seharga $200. Sayang belum ada informasi apakah iRobot juga bakal memasarkannya ke wilayah Asia.

Sumber: iRobot.