Categories

Gadget

iScout HUD Bantu Pengemudi Mengakses Informasi Secara Aman

Bisa tampilkan notifikasi smartphone ataupun sisa tangki bahan bakar mobil, plus mendukung navigasi gesture

Glenn Kaonang - 16 June 2016

Baik Android Auto maupun Apple CarPlay sama-sama bertujuan menyempurnakan pengalaman berkendara tanpa meningkatkan resiko kecelakaan yang sering kali terjadi akibat penggunaan smartphone selagi mengemudi. Pun demikian, menatap layar dashboard masih berarti pandangan akan teralih dari jalanan, lain halnya ketika menggunakan heads-up display (HUD).

Kini ada HUD baru bernama iScout yang cukup menarik perhatian. Dikembangkan oleh startup asal Singapura, Spade Techs, iScout mengemas fitur yang cukup lengkap untuk ukuran sebuah HUD, utamanya adalah konektivitas Bluetooth sehingga ia dapat disambungkan dengan ponsel milik pengguna, baik Android maupun iPhone.

Setelah tersambung, iScout dapat menampilkan panggilan telepon, pesan teks, reminder maupun jenis notifikasi lain dari aplikasi pihak ketiga. Menariknya, ia dapat dinavigasikan memakai gesture. Jadi ketika ada panggilan telepon masuk, pengguna hanya perlu mengibaskan tangannya ke kiri atau kanan untuk menolak atau menerimanya. Dengan cara seperti ini, pandangan pengguna pun tetap tertuju ke jalanan.

iScout HUD dapat dinavigasikan dengan gesture sehingga pengemudi bisa terus fokus ke jalanan / Spade Techs

iScout HUD dapat ditempatkan di atas dashboard dan menyambung ke konektor ODB yang terdapat pada mayoritas mobil modern. Semua konten akan diproyeksikan ke lapisan kaca "photochromic" yang menghadap ke pengemudi. Photochromic sendiri maksudnya adalah tingkat kecerahannya akan disesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar, misalnya di siang atau malam hari.

Karena menyambung via ODB, iScout juga bisa membaca sejumlah informasi terkait mobil itu sendiri macam sisa tangki bahan bakar atau kecepatan mobil. Saat bahan bakar terdeteksi kritis, iScout akan memberi peringatan dan otomatis menampilkan petunjuk jalan menuju SPBU terdekat.

Fitur menarik lain dari iScout adalah sepasang kamera blind spot di ujung kiri dan kanannya. Kamera ini akan aktif dengan sendirinya ketika Anda menyalakan lampu sein, sehingga Anda tak perlu menengok ke belakang untuk memastikan apakah tidak ada mobil lain yang melaju ke arah Anda. Sebagai bonus, ia turut mengemas dashcam di sisi depannya.

Jika konsep HUD berbasis Bluetooth dan gesture terdengar menarik bagi Anda, iScout saat ini sudah bisa dipesan melalui situs crowdfundingKickstarter seharga $299.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter