Istilah-Istilah yang Sering Dipakai dalam Dota 2

Kedengarannya sepele, tapi sangat membantu komunikasi dan kerja sama dalam tim

"GGWP," "EZ GAME," dua istilah ini saya jamin sangat sering Anda jumpai ketika bermain Dota 2. Bagi yang baru mulai mendalami game MOBA besutan Valve ini, mungkin Anda akan sedikit kebingungan memahami artinya. Hal ini juga berlaku untuk game online lain, seperti misalnya CS:GO, tapi kali ini saya akan berfokus pada istilah-istilah yang sering dipakai dalam Dota 2.

Meski sepele, beberapa istilah berikut akan sangat membantu kerja sama Anda dalam tim. Istilah-istilah yang dimaksud seringkali berupa singkatan atau akronim, dimaksudkan supaya pemain bisa mengetiknya dengan cepat, terutama ketika tidak bisa berkomunikasi lisan lewat voice chat.

Tanpa perlu berlama-lama, mari membahas satu per satu istilah yang kerap digunakan dalam Dota 2, baik di turnamen resmi maupun di match biasa.

GGWP

GGWP merupakan akronim dari "Good Game, Well Played". Istilah ini kerap muncul di akhir permainan sebagai bentuk indikasi bahwa Anda menikmati permainan tersebut. Di saat yang sama, GGWP juga kerap dipakai untuk menunjukkan sikap bersahabat terhadap pemain lainnya, entah itu kawan ataupun lawan.

GG

Sama artinya "Good Game," tapi pemakaiannya berbeda, yakni untuk menunjukkan bahwa tim Anda sudah menyerah – umumnya dipakai dalam turnamen resmi.

EZ atau EZ GAME

Kalau yang ini sifatnya provokatif sekaligus ofensif. Artinya tidak lain dari "easy game", menunjukkan rasa bangga bahwa Anda bisa menang tanpa perlawanan keras dari tim lawan. Yup, istilah ini merupakan ejekan, jadi akan lebih bijak kalau Anda tidak ikut latah mengatakannya demi membangun komunitas Dota 2 yang lebih menyenangkan.

P

Jangan bingung melihat satu huruf "p" saja yang diketikkan oleh rekan tim. Yang dia maksud sebenarnya adalah "push", alias sudah waktunya Anda berlima bergerak bersama mendorong creep maju dan merobohkan tower lawan.

B

"B" berarti "back", menginstruksikan Anda dan tim untuk mundur ke batas aman. Istilah ini biasanya muncul setelah war dan kondisinya belum memungkinkan bagi tim Anda untuk lanjut melakukan serangan maju.

Rs

"Rs" adalah singkatan dari "Roshan", monster raksasa yang bersembunyi di sarangnya di dekat sungai di area tengah. Roshan menyimpan item bernama Aegis of the Immortal yang cuma bisa Anda dapatkan setelah mengalahkannya – plus Cheese usai Roshan Anda kalahkan untuk yang ketiga kalinya.

SS

"SS" adalah "Special Skill", alias skill pamungkas yang unik untuk masing-masing hero. Istilah lainnya bisa juga "ulti", tapi mengetikkan "ss" jelas lebih cepat.

GG: satu arti, dua kegunaan / Reddit

LH

LH ialah akronim dari "Last Hit". Istilah ini biasanya diberikan bagi rekan tim yang masih terbiasa auto attack, salah satu kebiasaan buruk yang wajib Anda hindari seperti yang saya tuliskan pada tips sebelumnya.

Farm

Menyambung soal last hit adalah istilah "farm", umumnya ditujukan untuk pemain yang memakai hero tipe Carry supaya ia bisa fokus mengumpulkan experience dan gold dengan membasmi barisan creep di lane yang kosong.

NC

"NC" maksudnya adalah "Neutral Creep", menandakan bahwa sang pemain akan farming di area hutan, bukan di lane. Sepintas farming di neutral creep mungkin terdengar gampang, tapi Anda tetap harus berhati-hati, terutama ketika tidak ada Observer Ward di sekitar.

Gank

"Gank" biasanya dilontarkan ketika seorang pemain merasa kesulitan farming di lane. Istilah ini tak lain merupakan permintaan tolong supaya teman-temannya bisa datang membantu, membokonghero lawan dan membuatnya kapok cari gara-gara.

Tp

"Tp" berarti "teleport", juga merupakan permintaan tolong kepada anggota tim supaya mereka bisa segera datang membantu kawan yang tengah digempur lawan.

Obs atau Ward

Istilah ini biasanya ditujukan untuk pemain yang memakai hero tipe Support, menginstruksikannya untuk membeli dan memasang Observer Ward di sejumlah 'blind spot' agar pergerakan tim musuh bisa lebih mudah dipantau.

Up

Maksud dari istilah ini adalah "up courier", lagi-lagi ditujukan buat hero Support supaya mereka menyisihkan gold-nya untuk meng-upgrade menjadi Flying Courier.

Pc

Bukan personal computer, melainkan "pull creep". Maksudnya adalah supaya pemain memancing neutral creep ke arah lane dengan timing yang pas. Jika berhasil, creep Anda akan otomatis mengejarnya dan creep lawan pun akan maju mengeroyok tower Anda.