8 May 2013

by wiku

ITB Menjadi Lokasi Workshop Samsung Developer Competition 2013 Keempat, Selanjutnya Menuju Universitas Trisakti

Acara Samsung Developer Competition (SDC) 2013 masih terbuka untuk para pengembang lokal. Dalam rangka memperkenalan acara ini digelar rangkaian workshop di berbagai universitas di Indonesia. Universitas yang terakhir dikunjungi adalah ITB, pada tanggal 30 April - 1 Mei 2013.

Acara yang berlangsung selama 3 hari ini dimulai sejak pukul pukul 13.30 − 16.00 setiap harinya. Ada berbagai materi yang diperuntukkan bagi para mahasiswa dan pengembang sebagai bahan untuk berkarya. Tidak lupa diberikan pula beberapa materi yang berkaitan dengan kriteria lomba kompetisi SDC 2013.

ITB dipilih atas berbagai alasan, salah satunya adalah kampus memiliki mahasiswa yang menjadi target dari acara kompetisi sendiri. Kompetisi pun bisa menjadi salah satu peluang bagi para mahasiswa untuk berkarya dan dikenal masyarakat.

Selain itu, pemilihan kampus ini pun dikarenakan beberapa pembicara juga merupakan alumni atau mantan mahasiswa dari ITB.

Acara ini terbuka untuk umum, namun demikian sebagian besar peserta masih terdiri dari mahasiswa. Materi untuk worskhop di ITB sendiri adalah How to Monetize your Mobile Apps dengan materi hari pertama oleh Samsung. Kemudian di hari kedua materi dari kriteria Industri Sosial yaitu PNPM, sedangkan hari ketika ada dua sesi, yang pertama dari Arif Widhiyasa, CEO Agate Studio dan selanjutnya dari Nutrifood.

Seperti yang sudah dilaksanakan sebelumnya acara ini diharapkan bisa menarik minat para pengembang untuk mengikuti acara Samsung Developer Competition (SDC) 2013. Workshop selanjutnya akan hadir di Jakarta, tepatnya di Universitas Trisakti pada tanggal 14 − 16 Mei 2013 dengan tema Technopreneurship.

SDC 2013 sendiri merupakan ajang kompetisi untuk menjembatani pemain di industri mobile, ahli di bidang produk mobile dan juga para pengembang aplikasi. Acara ini digelar agar para pengembang bisa melihat apa saja kebutuhan industri yang bisa dipenuhi dengan aplkasi untuk perangkat bergerak.

Acara terbuka bagi semua kalangan pengembang aplikasi, baik yang pemula, menengah atau yang sudah profesional termasuk para mahasiswa.

Aplikasi-aplikasi yang dilombakan akan difilter melalui tiga kategori: lifestyle, health dan social. Tidak hanya itu, masing-masing kategori akan didukung oleh pemain besar di industri, seperti kategori lifestyle yang didukung Mitra Adi Perkasa (MAP), kategori health yang didukung Nutrifood dan kategori sosial yang akan didukung oleh PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat).

Untuk hadiah, Samsung menyiapkan 30 Paket hadiah, masing-masing uang senilai 2,5 juta rupiah dan 1 Galaxy Tab 10.1″, untuk 30 finalis (10 aplikasi terbaik di setiap kategori). Selain itu, Juara pertama juga akan mendapatkan uang tunai sebesar 25 juta rupiah dan 3 perangkat terbaru Samsung, diikuti juara kedua mendapatkan uang tunai 15 juta rupiah dan 2 perangkat terbaru Samsung serta juara ketiga mendapatkan uang tunai 10 juta rupiah dan 1 perangkat terbaru Samsung.

Untuk pendaftaran kompetisi bisa menuju tautan ini. Sekali lagi, jangan ketinggalan untuk workshop selanjutnya (terbuka untuk umum) di Universitas Trisakti tanggal 14 − 16 Mei 2013 dengan tema Technopreneurship.

*) Trenologi adalah media partner acara ini.