Categories

Mobile

iTranslate Converse Ingin Menjadi Aplikasi Penerjemah Bahasa yang Paling Simpel dan Mudah Digunakan

Cukup sentuh dan tahan layar sambil berbicara, lalu aplikasi akan langsung menyajikan hasil terjemahannya secara lisan

Glenn Kaonang - 7 August 2017

Pengembang aplikasi penerjemah bahasa populer asal Austria, iTranslate, baru saja meluncurkan aplikasi baru yang sangat menarik. Dinamai iTranslate Converse, aplikasi ini sejatinya merupakan versi sangat sederhana dari aplikasi iTranslate yang selama ini tersedia.

Keistimewaannya adalah pengoperasiannya yang begitu simpel. Setelah menetapkan dua bahasa yang diinginkan – Indonesia dan Inggris misalnya – pengguna tinggal menyentuh dan menahan layar, lalu mulai berbicara dalam bahasanya sendiri. Converse akan langsung mendeteksinya dan menyajikan hasil terjemahannya secara lisan.

Dari situ pengguna tinggal menyentuh dan menahan layar kembali, lalu mempersilakan lawan bicaranya untuk, well, bicara, sekali lagi dalam bahasanya sendiri. Converse akan kembali mendeteksinya, lalu mengucapkan hasil terjemahannya secara otomatis. Prosesnya sengaja dibuat seminimal mungkin.

Akurasi pengenalan suara dan terjemahan memang masih menjadi problem utama pada Converse, sama kasusnya seperti aplikasi penerjemah lain. Ini sebenarnya cuma perkara waktu; kita tinggal menunggu algoritma terjemahannya terus disempurnakan seiring berjalannya waktu.

Yang paling penting, pengguna sudah tidak perlu lagi beradaptasi dengan cara pengoperasian yang rumit. Anda tidak akan menemukan tombol di iTranslate Converse, sebab seluruh layar akan menjadi tombol yang bisa disentuh dan ditahan.

Tidak kalah unik, interface-nya disajikan terbalik supaya pengguna menggenggam ponsel dalam posisi terbalik pula guna membantu meningkatkan kinerja aplikasi – mengingat mikrofon mayoritas ponsel terletak di bagian bawah. Terakhir, transkrip setiap percakapan akan disimpan dengan sendirinya untuk ditinjau kembali.

Total ada 38 bahasa yang didukung iTranslate Converse, dan aplikasi ini sekarang sudah bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh pengguna perangkat iOS – versi Android-nya menyusul di musim semi – akan tetapi terbatas untuk 300 terjemahan saja per bulannya. Kalau mau lebih, pengguna harus membayar biaya berlangganan sebesar $5 per bulan atau $40 per tahun.

Sumber: The Verge dan iTranslate.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter