Categories

Home Appliance

Ivee Voice Ibarat Siri Buat Rumah Anda

Glenn Kaonang - 17 September 2015

Dalam film Iron Man, Tony Stark seringkali tampak begitu asiknya berbincang dengan Jarvis, artificial intelligence (AI) yang berperan sebagai asisten yang mengatur hampir segala isi rumahnya. Saat ini mungkin masih belum ada AI secanggih Jarvis, tetapi asisten virtual berbasis perintah suara seperti Siri dan Cortana merupakan langkah awal menuju ke sana.

Perintah suara menurut saya adalah inovasi di bidang interface yang tidak kalah revolusioner dari multitouch. Perintah suara memang memiliki banyak batasan – dukungan bahasa terutama – namun kalau itu tak jadi masalah, perintah suara bisa lebih efektif dan praktis ketimbang navigasi berbasis sentuhan.

Melihat manfaat yang dibawa, sebuah startup asal AS ingin menghadirkan asisten virtual yang dirancang secara khusus untuk keperluan di dalam rumah. Anggap Siri, Cortana maupun Google Now sebagai asisten Anda saat berpergian, maka perangkat bernama Ivee Voice ini merupakan asisten virtual untuk rumah Anda.

Info menarik: CubeSensors Adalah ‘Fitness Tracker’ untuk Kediaman Anda

Apa yang bisa dilakukan Ivee? Banyak sekali, mulai dari mengontrol perangkat smart home seperti bohlam Philips Hue atau Nest Thermostat, sampai memesan taksi privat Uber secara instan. Tentunya semua mengandalkan instruksi suara dari Anda, yang sejauh ini baru bisa dilakukan dalam bahasa Inggris saja.

Ivee pengertian soal privasi Anda. Ia baru akan mendengarkan instruksi setelah Anda memanggil “Okay Ivee,” yang turut ditandai oleh LED-nya yang berpenjar biru. Namun yang lebih menarik adalah, Ivee bisa memahami instruksi Anda lewat satu kata atau frasa saja.

Jadi semisal Anda mengucapkan, “Okay Ivee, movie time,” seketika itu juga Ivee akan mengirim instruksi ke beberapa perangkat sekaligus: bohlam Philips Hue akan meredup, tirai elektronik akan menutup, AC bertambah dingin dan tentu saja, TV serta set home theater akan menyala. Singkat cerita, Anda tak perlu mengucapkan kalimat sempurna supaya Ivee bisa memahami maksud Anda; katakan “good night” maka Ivee akan mematikan lampu di ruangan.

Info menarik: LG SmartThinQ Sensor Beri ‘Kecerdasan’ Pada Perabot Elektronik

Ivee sepintas memiliki wujud seperti golf tee yang dibalik. Tingginya kurang dari 13 cm, dan diameternya hanya sekitar 7,6 cm. Di dalamnya tersimpan sepasang mikrofon omnidirectional guna menangkap suara dari segala sudut. Untuk menjangkau seluruh sudut rumah, Anda bisa menempatkan beberapa Ivee sekaligus di ruangan yang berbeda, yang semuanya akan tersambung via jaringan Wi-Fi.

Untuk mengatur apa saja yang bisa dilakukan Ivee, Anda perlu terlebih dulu mengunduh aplikasi pendampingnya. Dari situ Anda bisa menghubungkan berbagai perangkat maupun layanan dengan Ivee. Salah satu contohnya, akun Uber Anda, lengkap beserta riwayat pemesanan terakhirnya.

Kelebihan lain dari Ivee Voice adalah harganya. Di situs crowdfunding Indiegogo, ia ditawarkan seharga $99 per unit – meski Anda masih perlu menambahkan biaya pengiriman internasional sebesar $60.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter