Categories

Gadget

IWC Schaffhausen Ikut Tekuni Ranah Smartwatch dengan IWC Connect

Glenn Kaonang - 7 May 2015

Tahun lalu, popularitas smartwatch di pasaran membuahkan pendapat yang beragam di kubu pabrikan arloji Swiss. Namun dengan masuknya Apple ke ranah smartwatch, tampaknya beberapa pabrikan arloji asal Swiss tidak ingin kehilangan momentum.

Sebut saja Vector Watch, brand baru yang dibangun oleh mantan CEO Timex. Rumor juga sempat beredar yang mengatakan bahwa Tag Heuer dan Swatch tengah mempersiapkan smartwatch-nya masing-masing.

Di saat yang sama, Breitling memperkenalkan B55 Connected, smartwatch dengan konsep yang agak berbeda. Pada dasarnya, brand seperti Breitling ini ingin menyematkan fungsi-fungsi pintar tanpa mengorbankan faktor kemewahan dari sebuah arloji tradisional.

Ide yang serupa turut digagaskan oleh brand arloji mewah, IWC Schaffhausen, namun eksekusinya sedikit berbeda dari Breitling. Ketimbang meluncurkan sebuah arloji baru dengan sisipan fungsi-fungsi pintar, mereka mengungkap kehadiran IWC Connect, sebuah aksesori yang dirancang untuk menghadirkan fungsi pintar pada jam tangan tradisional.

Info menarik: Olio Model One, Smartwatch Berfisik Keren dengan Fokus pada Fungsionalitas

IWC Connect sejatinya merupakan sebuah modul berbentuk bulat yang akan ditanamkan ke strap milik sejumlah arloji mekanik buatan IWC, dimulai dari lini Big Pilot. Rincian fungsinya masih belum terlalu jelas, namun IWC menyatakan bahwa modul ini bisa berfungsi sebagai activity tracker sekaligus menjembatani interaksi dengan perangkat IoT (Internet of Things).

CEO IWC Schaffhausen, Georges Kern, menegaskan bahwa dengan IWC Connect ini, mereka tidak ingin 'merusak' keanggunan dari sebuah arloji mekanik buatan IWC. Ide yang melahirkan IWC Connect didasari oleh observasi mereka terhadap para pelanggan dan brand ambassador-nya, dimana ada cukup banyak dari mereka yang mengenakan dua perangkat sekaligus – satu arloji IWC, dan satu lagi connected device seperti activity tracker.

Jadwal perilisan IWC Connect sampai saat ini masih belum terungkap. Belum ada detail informasi pula apakah IWC Connect akan dijual secara terpisah sehingga pemilik arloji IWC yang kompatibel bisa mengintegrasikannya tanpa harus membeli arloji baru.

Sumber: IWC Schaffhausen via Wareable.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter