Categories

Gadget

Jack, Pengganti Kabel Gitar Elektrik Berkemampuan Wi-Fi

Glenn Kaonang - 26 January 2015

Para gitaris, berbahagialah. Hari-hari terbelit kabel saat berada di panggung sebentar lagi usai. Sebuah perangkat canggih hadir di situs crowdfunding Kickstarter untuk mengatasi problem menyebalkan ini, dan tahap produksinya tidak lama lagi dimulai.

Perangkat tersebut bernama Jack. Jack merupakan pengganti kabel gitar elektrik. Wujudnya mirip seperti tuner gitar elektrik pada umumnya, namun di balik dimensinya yang kecil, tersimpan konektivitas Wi-Fi.

Jack memungkinkan Anda untuk memainkan gitar elektrik tanpa kabel. Anda hanya memerlukan dua buah Jack yang masing-masing menancap di gitar dan amplifier, maka Anda siap beratraksi gitar secara akrobatik layaknya Yngwie Malmsteen.

Apabila Anda bernasib kurang beruntung – punya gitar elektrik tetapi amplifier belum terbeli – Anda bisa menggunakan Jack bersama sebuah laptop. Jack memiliki access point sendiri, yang artinya Anda hanya perlu menyambungkan laptop ke Jack yang menancap di gitar via Wi-Fi.

Tidak hanya laptop, Jack juga bisa disambungkan dengan perangkat-perangkat berkonektivitas Wi-Fi lain, seperti smartphone atau tablet.

 

Info menarik: Menjadi Raja Musik Electro bersama Pocket Operator, Synthesizer Seukuran Dompet

 

Jack 02

Menggunakan Jack bersama laptop, smartphone atau tablet sebenarnya memiliki kelebihan tersendiri. Jack mendukung beragam softwareaudio editing maupun recording, yang artinya Anda dapat langsung merekam permainan gitar Anda dan mengolahnya lebih lanjut.

Penggunaan Wi-Fi sendiri dipilih karena kompatibilitasnya dengan seabrek perangkat. Jack tidak memerlukan sound card tambahan untuk bisa meneruskan suara gitar ke laptop. Lebih lanjut, Wi-Fi juga memungkinkan data audio tanpa harus menjalani kompresi terlebih dahulu.

Hasilnya adalah suara yang dikeluarkan tetap terdengar jernih. Kelebihan lain konektivitas Wi-Fi milik Jack adalah latency yang rendah, yang artinya suara dari gitar dapat diteruskan ke amplifier atau laptop hampir tanpa jeda. Soal baterai, Jack menggunakan baterai rechargeable yang bisa diisi ulang viaport micro-USB standar.

Penggalangan dana Jack di Kickstarter sudah terpenuhi. Harga pledge paling murah yang ditawarkan saat ini adalah $148 untuk satu unit Jack. Namun jika Anda menginginkan pengalaman yang optimal, Anda memerlukan $296 untuk sepasang Jack – satu untuk gitar, satu untuk amplifier atau pedal board.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter