13 November 2018

by Yabes Elia

Jagoan Tekken Indonesia Terhenti di 8 Besar IESF World Championship 2018, Arab Saudi Juara

Dari 3 game yang dipertandingkan, Indonesia hanya kirim 1 perwakilan.

IeSF World Championship 2018 merupakan acara kompetitif tahunan dari International e-Sports Federation (IeSF) yang merupakan organisasi esports dunia yang menaungi banyak organisasi esports di tiap negara, seperti IESPA di Indonesia.

Gelaran yang diselenggarakan pada tanggal 9-11 November 2018 di Kaohsiung, Korea Selatan ini mempertandingkan 3 game, yaitu CS: GO, LoL, dan Tekken 7. Sayangnya, Indonesia sendiri hanya mengirimkan 1 perwakilan untuk Tekken 7 yaitu sang jagoan Tekken Indonesia: Adrian "Meat" Jusuf.

Sayangnya, Meat harus tersandung di babak 8 besar saat bertemu Tejan dari India.

Menurut Bram Arman, pendiri Advance Guard dan pejuang esports fighting Indonesia, Tejan sebenarnya terbilang underdog meski memang ia pernah mengalahkan dewa game fighting dari Korsel di South East Asia Major. Kala itu, Tejan juga berhasil menjadi juara ketiga di sana.

Bram juga tadinya berpendapat bahwa jika Meat menang atas Tejan, harusnya ia bisa melangkah lebih jauh karena Meat berada di sisi bracket yang, di atas kertas, lebih mudah. Andaikan Meat menang, ia akan bertemu dengan pemain Arab Saudi, Sora. Muasalnya, para pemain dari Jepang, Korsel, dan Filipina berada di bracket yang berseberangan.

Setidaknya, itu pendapatnya sebelum Arab Saudi ternyata yang memenangkan pertandingan. "Mas, saya revisi pendapat saya ya. Juaranya Arab Saudi, ternyata underdog sekali. Hahaha... Kaget saya." Ujar Bram sembari tertawa.

Sumber: IESF

Pertandingan game fighting mungkin memang sulit diprediksi bahkan oleh pemerhati sekalipun yang telah bertahun-tahun menekuni esports fighting. Berikut ini adalah hasil peringkat dan pertandingan dari semua pertandingan IeSF World Championship 2018 untuk Tekken 7 yang dihimpun dari EventHubs:

Tekken 7 — Results 1. [Saudi Arabia] Sora (Jin) 2. [Japan] Hakaioh (King) 3. [South Korea] ROX|Chanel (Eliza, Alisa, Anna) 4. [India] Tejan (Asuka, Alisa, Nina) 5. [Philippines] AK (Shaheen) 5. [Switzerland] KiraKira (Eliza, Katarina) 5. [Indonesia] SOA|Meat (JACK-7, Steve, Feng, Dragunov) 5. [Australia] Dee-On Grey (JACK-7, Geese)

  1. [Serbia] RuRColdHeart (Nina, Paul)
  2. [Iran] AFK (Heihachi, Akuma)
  3. [New Zealand] Dan Banter (Geese, Claudio, Dragunov)
  4. [Sweden] Cyrox (Heihachi)
  5. [Thailand] LordBear (JACK-7)
  6. [Malaysia] ABA (JACK-7, Bryan, Paul, Kuma, Feng)
  7. [Finland] Joplex (Kazumi, Claudio)
  8. [Tunisia] Nindo (Master Raven)

Sumber: IESF

Tekken 7 — Top 8 battle log • Finals: [Saudi Arabia] Sora (Jin) eliminated [Japan] Hakaioh (King) 5-4.

• Third place match: [South Korea] ROX|Chanel (Eliza) defeated [India] Tejan (Asuka) 5-3.

• Semi-finals: [Saudi Arabia] Sora (Jin) eliminated [India] Tejan (Asuka, Nina) 5-1.

• Semi-finals: [Japan] Hakaioh (King) eliminated [South Korea] ROX|Chanel (Alisa, Eliza, Anna) 5-2.

• [Saudi Arabia] Sora (Jin) eliminated [Australia] Dee-On Grey (JACK-7, Geese) 4-1.

• [India] Tejan (Asuka, Alisa) eliminated [Indonesia] SOA|Meat (JACK-7, Feng, Dragunov, Steve) 4-2.

• [Japan] Hakaioh (King) eliminated [Switzerland] KiraKira (Eliza, Katarina) 4-0.

• [South Korea] ROX|Chanel (Eliza, Alisa) eliminated [Philippines] AK (Shaheen) 4-3.

CS: GO dan LoL

Sumber: IESF

Sedangkan untuk cabang CS: GO dan LoL, keduanya justru lebih bisa diprediksi para juaranya.

Meski terpuruk di World Championship 2018 resmi dari Riot Games, Korea Selatan berhasil menjadi juara di cabang LoL gelaran ini. Hal ini memang bisa dibilang sesuai prediksi karena memang dunia persilatan LoL internasional sendiri dikuasai oleh 2 negara Asia, Cina dan Korea Selatan.

CS: GO yang memang masih dikuasai oleh tim-tim dan pemain Eropa juga sesuai dengan prediksinya. Finlandia berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Swedia di partai final.