Jagokan Kamera yang Lebih Canggih dan Fleksibilitas Mod, Motorola Moto Z2 Play Tiba di Asia Tenggara

Peluncuran smartphone turut dimeriahkan oleh pengenalan sejumlah Moto Mods anyar.

Sejak Google menghentikan pengembangan Project Ara, smartphone berkonsep modular sejati masih belum sampai di tangan kita. Namun lewat Moto Z dan Moto Z Play, Motorola menawarkan satu titik tengah antara penyajian handset tradisional yang andal dan simpel dengan kemudahan bongkar pasang aksesori - sang produsen menamainya Moto Mod.

Gagasan unik tersebut tampaknya diterima konsumen dengan antusias. Apalagi, Motorola juga sempat berjanji untuk memastikan Moto Mods dan smartphone tetap kompatibel hingga tiga tahun ke depan. Hal itu turut mengindikasikan peluncuran produk generasi keduanya tak terelakkan. Dan di bulan lalu, mungkin Anda sudah mendengar kabar yang menyatakan Moto Z2 Play akan dilepas pada awal Juli ini.

Tanpa membuang-buang banyak waktu, Motorola resmi membawa Moto Z2 Play ke Asia Tenggara lewat konferensi pers yang diadakan di kota Bangkok. Moto Z2 Play diklaim sebagai realisasi dari komitmen sang produsen dalam menyajikan inovasi, sekaligus menyajikan berbagai perbaikan dari varian sebelumnya. Peluncuran smartphone turut dimeriahkan oleh pengenalan beberapa Moto Mods anyar - sebagian merupakan upgrade, tapi ada juga tipe baru.

Melihat dari sisi penampilan, Moto Z2 Play memang tersaji lebih elok dibanding kakaknya, Moto Z Play. Pertama, level kerampingan Z2 Play kian mendekati Moto Z, hanya setebal 6-milimeter. Kemudian, bobotnya pun menyusut jadi hanya 145-gram.

Arahan desainya sendiri masih sama seperti varian awal. Sisi atas dan bawahnya sedikit membundar tanpa ada area bersudut; lalu Moto Z2 Play kembali mengusung layar Super AMOLED 5,5-inci 1080p - tapi rasio display ke body-nya jadi lebih besar, yakni 70,1 persen.

Menariknya lagi, Motorola merombak sistem tiga tombol navigasi kapasitif standar, menyederhanakannya jadi satu tombol saja. Hasilnya? Semua fungsi tersebut dimampatkan ke tombol utama (kali ini wujudnya persegi panjang) yang turut menyimpan sensor pemindai sidik jari. Anda tinggal men-swipe ke kiri untuk menggunakan fungsi back, ke kanan buat mengakses recent app, tap di tombol tengah untuk kembali ke home, lalu tekan lebih lama untuk mengunci smartphone.

Bermaksud memastikan smartphone lebih tahan terhadap elemen eksternal yang berpotensi merusak, produsen menerapkan teknologi nano-coating pada permukaan Moto Z2 Play. Selain memberikan pertahanan dari percikan air, coating tersebut juga membuat teksturnya lembut di tangan. Tentu saja perlu kita ingat, device tidak dirancang buat tercemplung ke dalam air.

Seperti Moto Z dan Moto Z Play, smartphone anyar ini memanfaatkan connector di bagian bawah punggung untuk tersambung ke Moto Mods. Modul lensa kameranya menonjol keluar, bisa Anda 'amankan' dengan memasangkan modul-modul aksesori, misanya SoundBoost atau BatteryMod.

Dalam presentasinya, senior director Danny Adamopoulos memamerkan bundel fitur yang Motorola namai 'Moto Experience' - disiapkan untuk menyederhakan proses pemakaian handset. Misalnya, dengan Moto Display, Anda bisa mengecek dan merespons notifikasi tanpa perlu meng-unlock device. Lalu Moto Voice disiapkan sebagai asisten personal build-in, dapat membantu Anda membalas pesan teks tanpa mengetik. Selanjutnya, ada Moto Actions yang memungkinkan kita mengaktifkan fungsi di smartphone lewat gesture - misalnya menyalakan flashlight dengan mengguncangkannya dua kali.

Ranah fotografi juga merupakan elemen yang memperoleh banyak pembaruan. Hilang sudah sensor 16-megapixel f/2.0 'standar'. Smartphone kini menghidangkan setup kamera Dual Pixel 12-megapixel dengan aperture f/1,7. Dibantu fitur phase detection dan laser autofocus, kabarnya hasil foto akan jadi lebih cerah dan tajam walaupun penjepretan dilakukan di kondisi kurang cahaya. Autofocus di ruang temaram mampu menjangkau jarak hingga 5-meter, tiga kali lebih jauh dari kapabilitas kamera di smartphone lain.

Untuk selfie, Motorola mengandalkan kamera depan 5-megapixel f/2.0 yang dibantu dua flash. Ketika kamera belakangnya mampu merekam video HD di 120fps hingga 4K di 30fps, kamera depannya hanya dapat mengabadikan video full-HD.

Moto Z2 Play dipersenjatai varian baru system-on-chip kelas high-end Qualcomm, Snapdragon 626. Spesifikasinya hampir sama seperti Snapdragon 625, namun prosesor octa-core Cortex-A53 di sana mencapai kecepatan 2,2GHz. Ada dua konfigurasi memori - yakni RAM 3GB/ROM 32GB atau RAM 4GB/ROM 64GB. Semoga saja, tipe yang masuk ke Indonesia nanti adalah versi dengan penyimpanan paling besar.

Motorola memang memangkas 'kapasitas' baterai di Z2 Playjadi 3.000mAh (dari 3.150mAh). Tetapi jangan cemas waktu penggunaannya jadi berkurang. Tim Motorola bilang, baterai non-removable tersebut dapat menjaga handset tetap menyala hingga 30 jam dalam pemakaian normal. Lalu berkat teknologi TurboPower, Anda bisa memperoleh battery life berdurasi delapan jam cuma dengan men-charge selama 15 menit.

Uniknya lagi, Moto Z2 Play punya sistem yang memungkinkannya mengonsumsi baterai pada Moto Mods terlebih dulu sebelum menggunakan baterai di handset. Jadi sewaktu Moto Mods dilepas karena dayanya mulai menipis, baterai smartphone Anda tidak terpengaruh.

Berbicara soal Moto Mods, Motorola memperkenalkan sejumlah varian baru dari modul sebelumnya. Ada JBL SoundBoost 2 (menyimpan baterai build-in 10 jam dan dibekali coating tahan cipratan air), Moto Turbopower Pack (mendongkrak kecepatan charge dan menambah kapasitas baterai), serta deretan Moto Style Shell anyar (dari bahan kayu ebony, nilon, sampai pola-pola bunga).

Moto Mods yang betul-betul baru ialah Moto Gamepad. Fungsinya sama seperti aksesori controller untuk smartphone lain, namun ia terkoneksi langsung secara fisik ke Moto Z2 Play, bukan Bluetooth. Itu artinya, latency-nya sangat kecil dibanding wireless. Dan menariknya lagi, Moto Gamepad itu mengusung branding Lenovo Legion, dengan logo ala visor pasukan Romawi menyala merah di bagian belakangnya.

Ada indikasi cukup kuat, Moto Z2 Play akan tiba di Indonesia dalam waktu dekat. Lalu tim Motorola juga mengabarkan bahwa mereka punya rencana untuk menghadirkan semua Moto Mods tersebut ke tanah air. Moto Z2 Play telah mulai meluncur dibanderol di harga US$ 408, semoga saja harganya di Indonesia tidak terlalu jauh dari angka itu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again