Categories

Berita

Pemerintah Jakarta Luncurkan Portal Open Data

Tersedia lebih dari 400 data set yang dapat dimanfaatkan oleh publik

Prayogo Ryza - 30 June 2015

DKI Jakarta hari ini memasuki babak baru dalam langkahnya menuju konsep smart city. Melalui semangat keterbukaan data pemerintah DKI Jakarta akhirnya meluncurkan portal open data yang bisa diakses di data.jakarta.go.id. Portal ini menyediakan ratusan data set dari beberapa kategori dan topik yang dapat dimanfaatkan untuk sekedar informasi ataupun diolah menjadi penunjang pengembangan aplikasi untuk pemerintahan.

Di Indonesia konsep smart city sedang ramai diperbincangkan. Selain dari segi teknologi dan layanan yang banyak menjadi perhatian, perihal ketersediaan data juga menjadi sorotan. Hari ini bisa dikatakan pemerintah DKI Jakarta satu langkah lebih dekat dengan smart city melalui keputusannya untuk meluncurkan portal open data.

Open data di sini berarti membuka  data sebanyak-banyaknya untuk dapat dikonsumsi oleh publik (tentu bukan data yang sensitif seperti data rahasia negara atau data pribadi seseorang) untuk dapat dimanfaatkan oleh publik, atau setidaknya memberikan gambaran tentang kinerja pemerintahan. Hal ini lah yang baru saja dilakukan pemerintah DKI Jakarta. Di sela-sela acara HackJak 2015, pemerintah DKI Jakarta juga sekaligus meluncurkan portal open data.

Dalam portal tersebut pemerintah DKI Jakarta sejauh ini menyediakan lebih dari 400 dataset yang terdiri dari beberapa macam topik serta menyajikan data dari seluruh satuan dan unit kerja di pemerintahan DKI Jakarta. Seperti dikutip dari keterangan laman tersebut, portal open data DKI Jakarta diharapkan mampu menyediakan sebuah basis data yang akurat, terbuka, terpusat dan terintegrasi sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 181 Tahun 2014.

Seperti dilaporkan akun Twitter resmi Portal Satu Data, portal data pemerintah DKI ini akan dimanfaatkan sebagai rujukan untuk tiga buah kompetisi yang akan diselenggarakan dalam acara Pembukaan HackJak 2015.

Portal open data DKI Jakarta ini merupakan portal open data pertama untuk kategori pemerintah tingkat provinsi. Sebelumnya, sekitar sepuluh bulan lalu, pemerintah Indonesia secara resmi meluncurkan Portal Satu Data dengan tujuan yang sama, menyediakan data yang dapat dikonsumsi oleh publik.

Apa yang telah ditempuh pemerintah DKI Jakarta ini patut diapresiasi oleh kita sebagai masyarakat dan dapat menjadi acuan untuk pemerintah lain. Keterbukaan data selain mendatangkan manfaat bagi publik juga menghadirkan sentimen positif untuk pemerintahan, karena dengan terbuka berarti pemerintah sudah berani transparan dan akuntabel untuk menghindari kecurigaan akan praktek pemerintahan yang penuh dengan hal-hal yang negatif.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter