1 March 2016

by Glenn Kaonang

Jaket Oros Orion Hangatkan Tubuh Anda dengan Teknologi yang Dipakai NASA

Manfaatkan material bernama aerogel agar desain jaket tetap tipis selagi memberikan insulasi

Tahukah Anda bahwa baju astronot itu pada dasarnya merupakan baju musim dingin? Ya, untuk menjaga agar para astronot tetap hangat selagi bertugas di luar Bumi, NASA merancang masing-masing bajunya dengan teknologi insulasi yang efektif.

Teknologi itu memanfaatkan material bernama aerogel. Aerogel gampangnya merupakan insulator terbaik yang ada di dunia saat ini. Oleh NASA, aerogel juga digunakan untuk melindungi komponen elektronik milik robot-robotnya di Mars agar tidak membeku.

Kini ada sebuah startup yang bermisi mengaplikasikan teknologi insulasi aerogel ke pakaian yang bisa Anda kenakan selagi berada di bumi. Mereka adalah Oros, dan mereka sedang menjalani kampanye crowdfunding di Kickstarter untuk produknya yang bernama Orion.

Oros Orion terdiri dari jaket, topi kerpus, sarung tangan dan celana (yang terakhir ini akan dibuat kalau target pendanaannya mencapai $500.000). Tidak seperti baju musim dingin pada umumnya yang tebal-tebal, jaket Orion tergolong sangat tipis. Namun tentunya ia bisa menjaga tubuh pengguna agar terus hangat.

Untuk mencapainya, tim Oros harus melakukan berbagai eksperimen guna menghasilkan material yang fleksibel namun dengan kemampuan insulasi setara aerogel. Setelah melakukan berbagai percobaan selama dua tahun, mereka pun berhasil menciptakan Solarcore aerogel, yang pada dasarnya merupakan kain dengan insulasi tingkat tinggi.

'Kain' Solarcore ini hanya setebal 3 mm, tapi bisa menahan suhu dingin hingga -14 derajat Celsius. Untuk membuktikannya, tim Oros tak segan melakukan demonstrasi dimana seseorang yang sedang memakai jaket Orion disemprot menggunakan nitrogen cair. Hasilnya mengagumkan; suhu bagian luar jaket tercatat -196 derajat Celsius, tapi bagian dalamnya tetap hangat di angka 31 derajat Celsius.

Tim Oros memastikan jaket Orion ini terinsulasi di semua bagiannya, demikian pula dengan sarung tangan maupun celananya. Khusus untuk topi kerpusnya, bagian yang terinsulasi hanya di sekitar telinga, karena memang bagian inilah yang biasanya terasa kedinginan.

Kalau Anda sering berkunjung ke tempat-tempat bersuhu dingin tapi tidak mau direpotkan oleh berlapis-lapis pakaian yang tebal, Anda bisa memesan lini pakaian Oros Orion di Kickstarter. Selama masa kampanye, topi kerpusnya dihargai $35, sepasang sarung tangannya seharga $99, celananya seharga $200 dan jaketnya seharga $275.

Sumber: TheNextWeb.