Categories

Berita

Jalan Panjang Aplikasi Pesan Instan Lokal LiteBIG Messenger

Michael Erlangga - 21 October 2014

Tampaknya minat pengembang lokal untuk membuat aplikasi pesan instan sendiri makin tinggi. Setelah kami mengulas tentang RightHere Messenger dan Stealth Messenger, kini hadir LiteBIG Messenger sebagai alternatif bertukar pesan dengan kerabat melalui perangkat mobile Anda. LiteBIG Messenger baru tersedia pada platform Android dan dapat diunduh gratis di Baidu MoboMarket.

Dengan kepercayaan diri untuk mampu menjadi aplikasi pesan instan juara di negara sendiri, LiteBIG Messenger menyediakan fitur grup yang menampung hingga 1000 member banyaknya. Uniknya, mereka juga mengklaim dapat mengubah atau menghapus pesan yang diketik oleh pengguna sehingga menghindari kesalahan informasi yang mungkin terjadi. Pengiriman berbagai bentuk berkas juga menjadi daya tarik tersendiri bagi aplikasi yang proyeknya baru saja dimulai pada akhir tahun lalu.

LiteBIG Messenger memiliki tampilan antar-muka di halaman awal yang seujujurnya membuat saya menurunkan ekspektasi aplikasi ini untuk ke depannya. Dengan paduan font, warna, dan wallpaper yang kurang teratur membuat aplikasi ini terlihat berantakan. Contohnya, pemandangan dengan dominasi awan yang terletak di belakang font berwarna putih.

Bisa dipahami jika maksud penggunaan foto pemandangan dari berbagai belahan di nusantara ini demi menjual sisi “ke-Indonesia-an”-nya, namun untuk urusan kenyamanan hal tersebut dinilai cukup mengganggu. Tak hanya di halaman awal, foto pemandangan turut hadir di kolom obrolan, dan header utama aplikasi LiteBIG Messenger. Perihal wallpaper di kolom obrolan, LiteBIG Messenger memberikan opsi lain berupa sepuluh warna statis yang bisa dijadikan sebagai latar belakang di kolom obrolan.

Pada dasarnya aplikasi ini memiliki tiga navigasi utama, yakni Contacts, Recent Chats, dan Updates. Pengguna yang terbiasa menggunakan aplikasi serupa tentunya tak perlu lagi merasa kikuk dengan navigasi yang disediakan oleh LiteBIG Messenger. Di halaman Contacts misalnya, pengguna disajikan daftar kontak yang dimiliki dan terdaftar sebagai pengguna LiteBIG Messenger. Selanjutnya di halaman Recent Chats akan terlihat riwayat percakapan pengguna dan grup-grup yang mereka ikuti. Terakhir, pengguna dapat melihat informasi terkini seputar teman pengguna yang melakukan aktivitas di halaman Updates.

Seperti aplikasi pesan instan lain, LiteBIG Messenger tidak lupa menyertakan emoji khas racikannya. Dengan bertema warna biru yang seirama emoji LiteBIG Messenger tampil dengan ekspresif bersanding dengan emoji lain yang jumlahnya cukup banyak.

Terlepas dari masalah desain yang kurang mumpuni, LiteBIG Messenger juga tidak menyediakan banyak opsi di menu pengaturan. Pengguna belum bisa diizinkan mengganti ringtone, back-up riwayat percakapan, ukuran font, dan lain sebagainya. Jika tidak cepat mengejar, kompetitor lokal dipastikan akan semakin jauh meninggalkan LiteBIG Messenger dalam segi inovasi. Seharusnya jargon “buatan anak bangsa” tidak menjadikan LiteBIG Messenger dan aplikasi lokal lainnya sebagai sebuah alasan untuk menciptakan produk yang biasa saja.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

-

Dapatkan pengalaman baru membaca konten DailySocial dan berselancar di internet mobile menggunakan Baidu Browser. http://goo.gl/WKlc5i

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter