Categories

Gadget

Jalin Kemitraan Strategis Dengan JD.id, Lenovo Luncurkan Sejumlah Laptop Baru Secara Eksklusif

Notebook IdeaPad 120s 14-inci jadi primadona di sana.

Yoga Wisesa - 17 November 2017

Kesediaan perusahaan untuk beradaptasi sesuai karakteristik konsumen di suatu wilayah sangat memengaruhi kesuksesan bisnis mereka. Di beberapa negara, pendekatan offline masih menjadi cara efektif dalam penjualan, namun kita tahu platform-platform eCommerce, lokal ataupun global, belakang menjadi metode favorit masyarakat Indonesia buat berbelanja.

Lenovo sudah lama memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk-produknya, tapi baru di minggu ini raksasa komputer itu mengumumkan kolaborasi dengan JD.id, cabang perusahaan eCommerce Tiongkok JD.com, dalam upaya ‘memperluas ketersediaan teknologi Lenovo di Indonesia’. Sedikit info kecil untuk Anda: Lenovo dan JD.com bermarkaskan di kota yang sama, yaitu Beijing.

Dalam acara pers yang dilaksanakan di Jakarta itu, presiden direktur JD.id Zhang Li mengungkapkan kegembiraannya terhadap kolaborasi JD bersama Lenovo. Menurutnya, para pelanggan JD.id merupakan tipe pembeli yang antusias pada produk elektronik terbaru dan terbaik. Bagi JD.id, brand Lenovo merepresentasikan inovasi dan kualitas.

Lenovo sendiri memilih JD.id karena penyedia layanan eCommece itu dianggap mempunyai visi dan misi yang sejalan: memastikan konsumen memperoleh pengalaman terbaik. Selain perangkat bermutu, Lenovo juga ingin memastikan pelanggan mendapatkan dukungan layanan purna jual secara maksimal, salah satu caranya adalah dengan hanya memasarkan produk-produk resmi.

Untuk memperkuat kerja sama ini, Lenovo meluncurkan beberapa item yang cuma tersedia secara eksklusif di JD.id. Ada tiga notebook anyar yang dijajakan oleh sang produsen, dan IdeaPad 120s ialah primadonanya. Keputusan Lenovo memilih IdeaPad 120s sebagai andalan mereka sangat menarik, karena ia bukanlah laptop gaming ataupun perangkat premium berdesain ultra-thin.

 

Hands-on IdeaPad 120s

Lenovo mendeskripsikan IdeaPad 120s sebagai ‘penjelmaan stylish dari komputer laptop’. Device mengedepankan beberapa elemen: desain atraktif yang berpatokan pada kesederhanaan, portabilitas, serta spesifikasi cukup tinggi di harga super-kompetitif. Produsen menjanjikan kesiapan IdeaPad 120s dalam menemani Anda berkerja dan bermain.

IdeaPad 120s yang Lenovo hadirkan ke Indonesia ialah versi berlayar 14-inci. Panel tersebut mengusung jenis TN (twisted nematic) dengan resolusi high-definition 1366x768p. TN merupakan teknologi display LCD tertua dan yang paling sering ditemui di produk-produk entry-level. Meski viewing-angle-nya tidak sebaik in-plane switching (IPS), layar TN cenderung memiliki tingkat kecerahan tinggi.

IdeaPad 120s mempunya panjang dan leban 334×235-milimeter serta ketebalan hanya 18,6mm, membuatnya mudah diselipkan dalam tas. Berdasarkan pengamatan saya, konstruksi tubuh laptop terdiri atas kombinasi plastik dan logam. Desainnya bersih serta simpel, sempurna buat Anda yang tidak menyukai perangkat-perangkat dengan penampilan yang rumit dan berlebihan. Bobot laptop ini juga tergolong ringan, cuma 1,44kg.

Untuk konektivitas, Produsen membekalinya dengan dua buah port USB 3.0, slot microSD card reader, port audio 3,5mm combo, HDMI, dan USB type-C. Kabarnya, salah satu port USB di sana dilengkapi fitur always-on charging, yaitu kemampuan  mengisi baterai perangkat lain walaupun IdeaPad 120s berada dalam kondisi nonaktif.

Lenovo memilih prosesor Intel Celeron Processor N3350 (berkecepatan 1,5GHz hingga 2,4GHz) sebagai otak dari IdeaPad 120s. Di dalam terdapat pula RAM 4GB LPDDR4-2400 on-board, serta telah menggunakan penyimpanan SSD M.2 SATA 128GB. Laptop mungkin memang belum mumpuni untuk menangani game-game blockbuster 3D ataupun software desain profesional, namun tentu ia tak akan kesulitan menjalankan software spreadsheet atau olah kata, menghidangkan video, hingga permainan-permainan casual.

 

Hal yang sangat saya apresiasi adalah kehadiran SSD di produk ekonomis ini. Eksistensinya membuat proses boot Windows 10 dan membuka app berjalan lebih cepat dibanding laptop yang hanya dilengkapi hard disk. SSD sendiri sangat membantu IdeaPad 120s karena notebook cuma menyimpan RAM 4GB on-board.

Semua aspek ini bisa Anda miliki cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 3,9 juta saja. Dan menariknya lagi, di masa promosi ini, JD.id turut menerapkan potongan harga, sehingga IdeaPad 120s 14-inci dapat dibeli seharga Rp 3,75 juta. Produsen menawarkan dua opsi warna, yakni abu-abu mineral dan biru denim.

Tapi tunggu dulu, kejutan dari Lenovo tidak hanya sampai di sana. Produsen turut memastikan perangkat ini siap dipakai. IdeaPad sudah dibundel bersama OS Microsoft Windows 10 dan didukung garansi nasional selama satu tahun.

 

Apa lagi?

Selain IdeaPad 120s, Lenovo juga memasarkan dua notebook convertible barunya secara eksklusif di JD.id. Mereka adalah Yoga 310 dan Yoga 520, masing-masing dibanderol seharga mulai dari Rp 5 juta dan Rp 10,6 juta. Ketiga laptop ini telah tersedia dan dapat Anda beli.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter