Categories

Gadget

Jam Analog Conquest V.H.P. GMT Flash Setting Tidak Kalah Pintar dari Smartwatch

Conquest V.H.P. GMT Flash Setting memanfaatkan flash sebagai metode sinkronisasi waktu.

Yoga Wisesa - 13 September 2018

Melihat cara smartwatch bekerja, perangkat wearable ini betul-betul bersadar pada beberapa aspek penting: kemampuan komputasi, dukungan sensor, dan sambungan nirkabel. Melalui koneksi Bluetooth ke smartphone, smartwatch bisa melakukan banyak hal, seperti menampilkan notifikasi atau sekadar mengubah waktu ketika Anda pergi ke daerah lain.

Jam analog, khususnya model yang betul-betul menggunakan sistem pergerakan mekanik, mengharuskan kita untuk mengubah waktu dan tanggal secara manual. Namun Conquest V.H.P. GMT Flash Setting buatan Longines mempunyai kemampuan unik yang membuatnya tak kalah cerdas dari jam pintar 'mainstream'. Ia tidak dibekali Bluetooth ataupun Wi-Fi, Conquest V.H.P. GMT Flash Setting memanfaatkan flash untuk melakukan sinkronisasi dengan smartphone.

Mengubah waktu pada jam biasanya dilakukan dengan memutar bagian crown. Namun masalahnya, metode ini akan memengaruhi keakuratan pengukuran waktu. Jam bisa bertambah cepat ataupun lambat. Bagi Longines, hal tersebut tidak dapat dikompromi. Apalagi perusahaan arloji asal Swiss itu menamai produknya V.H.P. - kependekan dari Very High Precision.

Lalu bagaimana Conquest V.H.P. GMT Flash Setting melakukannya? Layaknya perangkat wearable pintar, Longines telah menyiapkan app mobile. Di sana, Anda bisa memilih waktu di tempat tinggal serta waktu lokasi Anda berkunjung. Di bagian crown aroloji in, Longines mencantumkan tombol untuk mengaktifkan fungsi pairing. Anda hanya perlu menekannya, kemudian menyalakan app, men-tap perintah 'send time' dan mengarahkan lingkaran di display preview kamera ke bagian atas jam - metodenya mirip saat memindai kode QR.

Ketika app mendeteksi Conquest V.H.P. GMT Flash Setting, software tersebut akan mengaktifkan flash di smartphone. Jam tangannya mempunyai sensor cahaya tersembunyi di angka 12. Saat sensor jam membacanya, arloji secara otomatis akan mengubah waktu hingga ke tingkatan detik. Tombol pada crown juga berfungsi untuk mengubah tampilan waktu antara rumah dan lokasi Anda pergi - semuanya bisa dilakukan tanpa memutar crown.

Conquest V.H.P. GMT Flash Setting memiliki penampilan layaknya jam tangan analog. Longines menawarkan beberapa model, ada yang bertubuh stainless steel, versi hitam dengan coating PVD, opsi warna dial berbeda, serta pilihan case 41mm dan 43mm. Meski begitu, layout dial-nya tetap sama. Arloji mengusung sistem pergerakan quartz, tapi agar kompatibel ke teknologi 'flash setting', ETA (penyedia movement) harus mengembangkannya selama empat tahun.

Soal akurasi, Conquest V.H.P. GMT Flash Setting tidak main-main. Persentase melencengnya waktunya sangat kecil: plus minus lima detik dalam setahun. Sangat luar biasa. Menariknya, keakuratan ini ditawarkan Longines di harga yang tergolong masuk akal. Model stainless steel dibanderol US$ 1.350, sedangkan varian PVD hitam dijual seharga US$ 1.750.

Via Digital Trends.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter