Categories

Mobile

Jauhi Google, Apple Merapat ke Yahoo?

Yoga Nandiwardhana - 11 April 2013

"Perceraian" Apple dengan Google yang dimulai dari dilepasnya Google Maps sebagai penyedia peta untuk apps Peta milik Apple membuahkan sebuah konsolidasi baru. Laporan dari blog Boy Genius Report yang mengutip Wall Street Journal mengungkapkan bahwa saat ini Apple dan Yahoo sedang terlibat diskusi yang cukup dalam untuk memberikan Yahoo lebih banyak peran penting di dalam perangkat iPhone dan iPad.

Sejak mengambil alih tampuk CEO Yahoo, Marissa Mayer sudah menyatakan bahwa fokusnya adalah membangun pengalaman yang lebih baik di perangkat bergerak. Untuk itu Yahoo sudah mengakuisisi beberapa perusahaan layanan mobile, yang paling membuat kaget adalah saat Yahoo membeli Summly seharga $30 juta.

Untuk platform iOS, Yahoo memang sudah memiliki beberapa aplikasi di antaranya aplikasi Yahoo yang berisi berita, Yahoo Mail, Yahoo Messenger, Yahoo Finance, Flickr, dan beberapa permainan. Layanan Yahoo yang tampak dominan di iOS adalah informasi cuaca dan saham pada Notification Center.

Dari sisi Apple, perang dengan Google berawal dengan hadirnya Android yang dianggap pencuri oleh Steve Jobs. Perang ini sudah bagaikan wasiat terakhir Steve Jobs, yang pernah mengutarakan bahwa ia siap perang termonuklir untuk menghentikan langkah Android.

Google sendiri walaupun sudah memiliki Android, tidak mengurangi fokus untuk memperkuat kehadiran mereka di iOS. Beberapa hari yang lalu mereka memperkuat aplikasi Google Drive di iOS guna meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Sumber: BGR, Wall Street Journal.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter