Categories

Gadget

Jawab Keraguan, Samsung Perkenalkan Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 banyak mengadopsi Galaxy S8, baik desain, spek jeroan maupun fitur pendukugnya

Bambang Winarso - 24 August 2017

Tahun lalu, banyak orang skeptis akan masa depan seri Galaxy Note menyusul ditariknya Note seri ke-7 yang gagal total di pasaran. Meski hanya memberi dampak kecil terhadap kondisi finansial Samsung, namun insiden itu dikhawatirkan mengurangi kepercayaan konsumen. Tapi Samsung menjawab keraguan itu dengan karya nyata. Tak mau ambil pusing dengan sikap skeptis analis, Samsung kembali mengeluarkan seri terbarunya, Galaxy Note 8 yang secara resmi diperkenalkan di ajang Samsung Unpacked di New York.

Beberapa hari sebelumnya, kita sudah melihat video teaser yang sedikit banyak menyibak fitur unggulan di Galaxy Note 8. Rumor dan spekulasi juga sudah banyak memberikan gambaran umum seperti apa spesifikasi bahkan desain bodinya. Sehingga di Samsung Unpacked barusan, praktis tak banyak kejutan yang terungkap.

Dalam hal desain misalnya, memang benar bahwa Galaxy Note 8 banyak mengadopsi apa yang dipunyai Galaxy S8. Ia punya bezel yang juga tipis yang membalut komponen Infinity Display dengan aspek rasio 18:9. Ukuran aktual layarnya sendiri selebar 6,3 inci lebih lebar sedikit ketimbang Galaxy S8 Plus. Dan Super AMOLED tentu masih jadi pilihan, dengan resolusi 2960 x 1440 piksel. Dibandingkan seri Note sebelumnya, seri ke delapan ini terlihat lebih mengotak, dengan sudut melengkung yang melebur apik ke bagian layar. Salah satu yang membedakan Galaxy Note 8 dan seri S8 adalah hadirnya dukungan S Pen yang selama ini memang menjadi ciri khas seri Note.

Lompat ke jeroan, Galaxy Note 8 berjalan dengan dapur pacu Snapdragon 835 seperti seri S8. Yang membedakan, Note 8 satu tingkat lebih garang dengan bekal RAM sebesar 6GB dan disandingkan dengan penyimpanan internal seluas 64GB. Di atas kertas, kinerja Galaxy Note 8 semestinya sedikit lebih mulus ketika melahap beban aplikasi atau game berat.

Samsung terlihat berhati-hati membenamkan baterai untuk phablet jumbonya ini. Komponen baterai sebesar 3.300mAh lebih dipilih untuk menopang dari belakang, ketimbang opsi kapasitas yang lebih besar. Ukuran ini cukup konservatif tapi relatif aman. Tambahan USB tipe C dan dukungan wireless charging akan sangat membantu pengguna  untuk memperoleh pasokan daya secara kontan.

Perubahan lain yang juga cukup penting ditemukan di bagian kamera. Menyusul para kompetitor dan juga rekan yang marak mengadopsi kamera ganda, Galaxy Note 8 ikut gabung dengan membawa dua buah sensor 12MP di belakang. Dua modul ini terdiri dari kombinasi sensor monokrom dan sensor standar untuk objek berwarna. Sedangkan di depan, ada kamera 8MP yang bertanggung jawab membidik pose selfie dengan aperture f/1.7.

Galaxy Note 8 juga banyak meminjam fitur yang sudah lebih dulu ada di Galaxy S8 tanpa banyak improvisasi. Tampilan yang sama juga dibenamkan ke sisi interface Galaxy Note 8, didasari Android Nougat dan sudah mendukung asisten virtual Bixby yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol khusus di sisi perangkat.

https://www.youtube.com/watch?v=KEHZBE8E0pw

Samsung berencana mulai memasarkan Galaxy Note 8 pada bulan September mendatang. Tetapi fase pre-ordernya akan dimulai pada hari ini dengan harga dasar £869. tersedia beberapa pilihan warna, seperti warna black, silver, orchid gray, gold, dan deep sea blue.

https://www.youtube.com/watch?v=RKYjdTiMkXM

Sumber berita Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter