Categories

Gadget

Jawbone UP3 Janjikan Kemampuan Activity Tracker Tercanggih di Dunia

Yoga Wisesa - 7 November 2014

Mempunyai reputasi tinggi dalam menciptakan wireless speaker dan headset Bluetooth, UP adalah debut perdana Jawbone di lini wearable dan juga produk non-speaker pertama mereka. Sudah ada dua device wearable Jawbone, semuanya difokuskan sebagai activity tracker. Dan sebuah perangkat baru mereka dijanjikan sebagai yang tercanggih di kelasnya.

Jawbone memperkenalkan UP3, dan tak berbeda dari pendahulunya, ia mampu memonitor tubuh Anda. Namun tak hanya membaca, ia mengolah data, kemudian menyarankan pengguna apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. UP3 mengusung teknik serupa alat-alat medis dalam mengukur detak jantung, kadar lemak, hingga tingkat cairan tubuh.

Ketika beberapa produk kompetitor semisal Apple Watch memanfaatkan kombinasi inframerah dan sensor cahaya LED, UP3 menggunakan rangkaian sensor logam di bagian dalam smartband. Walau penempatannya menonjol ke kulit, UP3 tetap nyaman dikenakan. Mengapa Jawbone mengambil langkah ini? Ternyata alasannya sangat sederhana, selain lebih akurat, ketiadaan inframerah dan LED akan jauh lebih menghemat baterai.

Jawbone UP3 boleh dibilang merupakan penjelmaan yang paling mendekati ahli fisik pribadi, tanpa menuntut konsumen membayar uang banyak. Beberapa fitur telah Jawbone kembangkan demi memperoleh input data akurat. UP3 memiliki platform multi-sensor dengan accelerometer tiga poros, sensor bioimpedance, serta sensor kulit dan temperatur lingkungan.

Jawbone UP3 02

 

Info menarik: Sony Perkenalkan Smartphone Varian Baru Xperia Z3 dan Gelang Olahraga SmartBand Talk

 

Selain itu UP3 mampu menangkap info rinci tentang kualitas tidur termasuk REM (rapid eye movement), tidur ringan ataupun tidur lelap. Lalu ada sistem algoritma unik untuk mengukur jenis aktivitas dan olahraga yang sedang Anda lakukan, contohnya berlari, senam hingga tenis. Setelah semua data terangkum, UP3 memberikan bimbingan terpersonalisasi khusus bagi Anda.

Tentu ia baru dapat bekerja sempurna jika terhubung ke perangkat pintar Anda. Melalui smartphone dan aplikasi bersistem Smart Coach, UP3 akan memberi saran seperti tidur lebih cepat atau mengingatkan untuk berolahraga. Sayangnya ia bukanlah ekstensi devicemobile, UP3 tak memiliki layar, dan sangat bergantung pada smartphone sebagai medium penyaji informasi.

Dalam wawancaranya bersama BBC, representasi Jawbone berkata, “Kami melihat ketertarikan orang untuk mendapatkan data tentang gaya hidup mereka sangat meningkat drastis. Namun hal penting dari semua itu ialah, tak hanya sekedar memvisualisasi info dan menyuguhkan saran, produsen harus membuktikan bahwa semua itu relevan.”

UP3 rencananya akan dipasarkan di akhir tahun 2014, ditawarkan seharga US$ 180. Anternatifnya, Anda bisa membeli UP Move, fitness tracker mungil dengan klip seharga US$ 50.

Sumber: Jawbone.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id