Diciptakan oleh kreator Xfire Dennis Fong dan meluncur di tahun 2007, Raptr disiapkan sebagai platform sosial media sekaligus chatting yang dikhususkan bagi kalangan gamer. Raptr didesain agar siap mendukung Yahoo IM, GTalk, Windows Live Messenger, Facebook, Xbox Live, PSN hingga Steam; dan juga menyediakan fitur pengelolaan permainan serta achievement.

Di tahun 2014, developer memutuskan untuk memusatkan perhatian mereka pada platform PC. Raptr mencoba menambal ‘kelemahan terbesar di PC’ akibat konfigurasi sistem yang berbeda-beda. Software ini memberikan solusi mudah dalam mengoptimalkan penanganan game. Di momen yang sama, developer juga melakukan kolaborasi dengan AMD untuk mengembangkan app Gaming Evolved sebagai jawaban dari kepopularitasan Nvidia GeForce Experience.

Satu tahun selepas perilisan layanan video clip sharingPlays.tv (di 2015), AMD menghentikan kerja sama dengan Raptr secara tiba-tiba. Aplikasi Gaming Evolved masih bisa diunduh, tapi absennya dukungan sang perusahaan semiconductor raksasa itu tampaknya memberikan dampak negatif besar bagi Raptr. Satu dekade setelah Fong dan rekan-rekannya mencetus Raptr, platform gaming itu terpaksa harus ditutup.

Di situs resmi, sang co-founder sekaligus CEO itu menyampaikan salam perpisahan bagi pengguna Raptr, dan mengungkapkan alasannya mengapa Raptr harus berhenti beroperasi. Menurut Fong, kondidi ekosistem gaming sekarang sangat berbeda dari sewaktu Raptr pertama kali dirilis. Kini, hampir seluruh perusahaan hardware sudah menyediakan tool untuk mengoptimalkan permainan. Hal tersebut menghapuskan kebutuhan user terhadap platform optimization independen.

Di sana, Dennis Fong tak lupa mengucapkan terima kasih pada gamer yang sudah setia menggunakan Raptr selama 10 tahun terakhir. Ia menyampaikan, “Kami sangat bangga terhadap layanan yang telah kami bangun, serta pada komunitas yang membantu mengembangkan Raptr. Terima kasih sekali lagi atas dukungan Anda.”

Proses penutupan akses Raptr akan dilaksanakan pada tanggal 30 September 2017 besok. Di tanggal itu, developer akan mulai menutup akun serta menonaktifkan fitur-fitur. Sebelum momen itu tiba, Anda masih diberi kesempatan untuk ‘menyelamatkan’ achievement serta history permainan, cukup dengan log-in ke akun Anda dan mengakses tautan ini. Lalu jika ada pertanyaan, tim support tetap siap memberikan jawaban.

Perlu diketahui bahwa terhitung pada bulan Januari 2017, Plays.tv telah diluncurkan sebagai layanan independen. Platform video tersebut akan tetap beroperasi secara normal walaupun Raptr ditutup.

Sumber: Raptr.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.