Categories

Internet

Jelajahi Masa Lalu Internet dengan Oldweb.today

Simulasikan browser lawas yang menampilkan situs-situs tua

Glenn Kaonang - 8 December 2015

Internet yang kita kenal sekarang sangatlah berbeda 20 tahun silam. Pada masa itu, Google mungkin baru berupa angan-angan Larry Page dan Sergey Brin, dan mesin pencari andalan orang-orang adalah Yahoo. Browser yang digunakan pun juga sangat berbeda. Firefox belum lahir, pilihan yang ada baru sebatas Netscape dan Internet Explorer.

Kalau sekedar ingin mengunjungi situs-situs lawas, Internet Archive adalah sumber yang paling tepat buat kita semua. Tapi kalau Anda ingin benar-benar merasakan bagaimana susahnya bernavigasi di jagat internet di masa-masa awalnya, Anda bisa menengok Oldweb.today.

Oldweb pada dasarnya adalah sebuah situs yang sanggup mengemulasikan OS Mac, Windows dan Linux, lengkap dengan sederet pilihan browser lawas seperti Netscape atau Internet Explorer for Mac. Pilih browser yang ingin dicoba, masukkan URL suatu situs yang sudah cukup tua – Yahoo misalnya – pilih tahun yang diinginkan dan mulai ‘jelajahi masa lalu’.

Oldweb bahkan akan membatasi kecepatan koneksi internet yang Anda punya guna memberikan kesan serealistis mungkin, mengingatkan kita bahwa dahulu diperlukan waktu yang cukup lama hanya untuk membuka suatu situs dengan beberapa baris teks dan sejumlah gambar.

Oldweb.today dibuat dengan seperangkat softwareopen-source oleh organisasi bernama Rhizome. Kalau Anda punya waktu luang, tidak ada salahnya mencoba. Mungkin Anda ingin mengamati perkembangan Google.com dari tahun ke tahun, atau sekedar ingin menertawakan deretan toolbar milik Internet Explorer yang sekarang kelihatan kuno sekali.

Sumber: TheNextWeb dan Rhizome Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id