10 December 2021

by Dimas Galih W.

Jelang Akhir Tahun, Huawei Luncurkan Nova 9, MateBook 14, dan GT Runner

Huawei punya laptop, smartphone, dan smartwatch baru di akhir 2021! Apa saja perangkat-perangkat tersebut?

Sepertinya di penghujung tahun 2021, banyak vendor yang berlomba-lomba untuk menjual produk terbarunya di pasar Indonesia. Salah satu yang meluncurkan banyak perangkat pada bulan Desember 2021 ini adalah Huawei. Kali ini, Huawei meluncurkan 4 buah produk yang ada dalam kategori smartphone, laptop, dan juga AIoT. Acara peluncurannya sendiri diadakan pada tanggal 8 Desember 2021 yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube resmi Huawei Indonesia.

Perangkat pertama yang diperkenalkan kali ini adalah laptop Huawei MateBook 14s dan 14. Kedua laptop ini memiliki desain tipis, hanya 16,7 mm, serta memiliki bobot hanya 1,43 kg. Layarnya yang memiliki resolusi 2,5K (2520 x 1680) dengan rasio 3:2 ini menggunakan refresh rate 90 Hz dengan 1,07 miliar warna dan gamut warna 100% sRGB. Untuk Matebook 14, layarnya memiliki resolusi 2K.

Kedua laptop ini menggunakan prosesor Intel Core H Generasi ke 11 yang tentunya memiliki kinerja tinggi. Selain itu, GPU yang ada sudah menggunakan Iris Xe sehingga mampu memainkan banyak game yang saat ini sudah beredar di pasaran, walapun dengan setting rendah. Laptop ini menggunakan bodi dengan bahan aluminium dengan finishing matte mengkilap. Untuk pengisian daya, kedua laptop tersebut akan diisi melalui port USB-C dengan daya 90 watt.

Patrick Ru, Country Head Huawei CBG Indonesia mengatakan “Konsumen akan dapat menggunakan laptop ini untuk apa saja, baik itu tugas kreatif seperti mengolah foto atau video, tugas yang tidak terlalu menuntut seperti membuka spreadsheet dan menjelajahi web, atau bahkan bermain beragam video game. HUAWEI MateBook 14s & 14 akan menjadi pendamping teknologi terbaik untuk gaya hidup digital dengan produktivitas tinggi seperti saat ini.”

Perangkat kedua adalah smartphone Huawei Nova 9, yang diklaim memiliki kamera yang diambil dari DNA seri P. Kamera tersebut ditenagai oleh 50MP Ultra Vision RYYB colour filter array (CFA) dan XD Fusion Engine. Untuk layarnya, Huawei memasangkan panel dengan refresh rate 120 Hz curved display.

Nova 9 saat ini menggunakan Snapdragon 778G, yang walaupun chipset-nya sudah mendukung 5G, namun hanya memiliki konektivitas 4G. Prosesor ini didinginkan oleh VC Liquid Cooling dan graphene sehingga membuatnya menjadi lebih dingin dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 4300 mAh dengan charger 66 watt.

Patrick Rumengatakan, “Melalui peluncuran HUAWEI nova 9, Huawei mencoba memberikan pengalaman fotografi yang sempurna kepada pengguna, terutama para generasi muda di Indonesia. Menyelaraskan dengan semangat generasi muda, HUAWEI nova Series didesain sebagai produk andalan yang memberikan pengalaman flagship smartphone di kelas harga menengah.”

“Selain itu, melalui dukungan serangkaian perangkat powerful yang terintegrasi dengan sistem operasinya, HUAWEI nova 9 memperkenalkan serangkaian fitur menarik, seperti salah satunya kamera berkualitas prima yang mampu diandalkan di banyak skenario, termasuk dalam keadaan minim cahaya sekalipun. Kamera ini juga mampu merekam video berkualitas 4K, serta didukung oleh Continuous Front/Rear Recording dan Remote Shutter, yang menawarkan beragam cara bagi pengguna dalam membuat video berkesan,”

Perangkat terakhir adalah Huawei GT Runner. Jam tangan pintar yang satu ini, sesuai dengan namanya, ditujukan untuk mereka yang senag berolah raga lari. Modelnya sendiri juga cukup berbeda dengan Huawei GT3. Untuk fungsinya sendiri sama dengan GT 3.

Huawei MateBook 14s dan 14s akan tersedia untuk pre-order mulai tanggal 8 hingga 17 Desember 2021 dengan harga Rp16.999.000 untuk MateBook 14s dan Rp 13.999.000 untuk MateBook 14. Untuk Huawei Nova 9 dijual dengan harga Rp.7.599.000. Terakhir, untuk Huawei GT Runner akan dibanderol dengan harga Rp. 3.399.000.

DNA Kamera dari Huawei P seri berapa?

Saat ini, Huawei mengklaim bahwa kamera dari Nova 9 dibawa dari jajaran kamera seri P. Namun, kita mengetahui bahwa kamera seri P dari Huawei berbeda dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, saya cukup penasaran dari seri yang mana kamera Nova 9 ini diambil.

Edy Supartono selaku Training Director of Huawei CBG Indonesia mengatakan bahwa Huawei Nova 9 dapat dikatakan setara dengan kamera yang ada pada flagship smartphone. Untuk kamera yang ada pada Huawei nova 9, membawa DNA dari Huawei P series khususnya yakni sensor RYYB. Sensor ini pertama kali diperkenalkan pada P30 Pro dan digunakan pada flagship smartphone Huawei. Susunan desain kamera Star Orbit Ring yang ada pada Huawei Nova 9 berasal dari DNA Huawei P 50 Pro.

Edy melanjutkan bahwa smartphone ini sendiri dilengkapi 50MP Ultra Vision AI Quad Camera System. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah HUAWEI seri Nova, smartphone ini dilengkapi dengan teknologi kamera kelas unggulan seperti RYYB color filter array (CFA) yang meningkatkan pengambilan cahaya hingga 40% lebih tinggi dan XD Fusion Engine. Fitur-fitur canggih ini sangat meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan smartphone, dan membantu mempertahankan lebih banyak detail dalam foto yang diambil.

Kelangkaan chipset pengaruhi stok Huawei MateBook 14s/14?

Huawei MateBook 14s di luar Indonesia diketahui bahwa cukup banyak diminati oleh konsumen. Hal tersebut membuat ketersediaan barang dari MateBook 14s menjadi berkurang dan cukup sulit untuk ditemukan. Apakah hal tersebut bakal terjadi di Indonesia? Bagaimana dengan stoknya di Indonesia?

Edy mengatakan sejalan dengan komitmen Huawei, Huawei ingin memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen, dan dapat memiliki juga menikmati teknologi yang dihadirkan, khususnya MateBook 14s. Terkait dengan ketersediaan barang Huawei MateBook 14s, Huawei Indonesia telah mempersiapkan unit dengan memperhitungkan maupun menganalisa permintaan konsumen akan laptop Huawei di tahun 2021 ini dan memastikan agar permintaan selama periode pre-order dapat terpenuhi.

Lalu bagaimana dengan penempatan kelas dari Nova dan Huawei P Lite?

Harga dari Nova 9 saat ini sudah melebihi dari sebuah smartphone Huawei P Lite. Hal ini cukup membingungkan karena kelas Huawei P adalah flagship dan Nova adalah midrange. Lalu bagaimana Huawei menempatkan smartphone-nya untuk ditujukan pada konsumen yang tepat?

Edy menjelaskan bahwa terkait dengan kelas, Huawei nova 9 masih tetap berada di mid-range, karena Huawei P Lite sendiri merupakan bagian dari seri smartphone flagship. Huawei P yang tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda dan lebih tinggi. Hadirnya teknologi flagship di Huawei nova 9 menunjukkan komitmen Huawei untuk menghadirkan teknologi terbaik di kelas smartphone mana pun yang kami miliki sekaligus memotivasi kami untuk menghadirkan gebrakan baru di smartphone flagship Huawei, seperti P series di tahun mendatang.