Categories

Gadget

Jelang Peluncuran, OPPO Beberkan Keunggulan Reno4 F dari Segi Desain dan Kamera

"F" untuk "Fashionable", Reno4 F bahkan lebih tipis lagi ketimbang Reno4

Glenn Kaonang - 6 October 2020

12 Oktober nanti, OPPO Indonesia bakal meluncurkan Reno4 F secara resmi. Namun sebelumnya, OPPO ingin lebih dulu menyoroti sejumlah keunggulan Reno4 F dari segi desain maupun kamera.

Perangkat ini diposisikan sebagai model yang paling terjangkau dari seri Reno4 secara keseluruhan, yang berarti urutannya dari yang paling mahal adalah Reno4 Pro, Reno4 dan Reno4 F. Label “F” sendiri mengacu pada kata “Fashionable”, dan ini bisa langsung kita nilai setelah melihat wujudnya.

Pertama-tama, dari segi dimensi, Reno4 F adalah yang paling tipis. Tebal bodinya cuma 7,48 mm, lebih tipis 0,22 mm jika dibandingkan dengan Reno4 yang sudah termasuk sangat tipis. Bobotnya pun juga tergolong ringan di angka 164 gram. Kalau dibandingkan dengan ponsel lain di rentang harga yang sama, OPPO percaya diri Reno4 F adalah yang paling tipis dan ringan.

Meskipun tipis, Reno4 F dipastikan tetap nyaman digenggam berkat bagian tepi yang melengkung. Juga unik adalah tekstur punggung yang OPPO juluki dengan istilah “Shiny Matte”, yang pada dasarnya merupakan lapisan anti sidik jari dengan warna yang dapat berubah-ubah ketika terkena pantulan cahaya.

Contohnya adalah pada varian dengan warna Metallic White, yang terkadang bisa kelihatan menghasilkan warna biru muda atau merah muda yang sangat soft. Alternatifnya, ada warna Matte Black yang disebut terinspirasi warna hitam milik mobil sport secara umum.

Bagian depan Reno4 F dihuni oleh layar Super AMOLED 6,43 inci dengan resolusi 2400 x 1080 pixel. Seperti yang sudah bisa kita tebak dari OPPO, layarnya ini telah memenuhi sertifikasi dari TÜV Rheinland, serta telah diproteksi oleh kaca Gorilla Glass 3+.

Tampak juga bahwa Reno4 F mengusung punch hole berbentuk kapsul yang mewadahi sepasang modul kamera: 16 megapixel dan depth sensor 2 megapixel. Diameter lubang kameranya ini cukup kecil di angka 3,7 mm, sehingga tidak akan terlalu mengganggu pengalaman menonton atau bermain game.

Beralih ke belakang, tampak Reno4 F membawa empat kamera dalam format persegi ketimbang berjajar ke bawah, dan tonjolannya pun juga kelihatan lebih tipis daripada milik Reno4. Kamera belakangnya sendiri terdiri dari kamera utama 48 megapixel f/1.8 dengan sensor berukuran 1/2 inci, kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.2, dan sepasang kamera monokrom 2 megapixel.

Lebih lanjut soal fitur kameranya, Reno4 F datang membawa sederet fitur yang sebelumnya sudah lebih dulu dipopulerkan oleh Reno4, di antaranya AI Color Portrait, AI Night Flare Portrait, serta Ultra Steady Video yang berlaku untuk kamera belakang maupun depan. Di saat yang sama, OPPO rupanya juga memperkenalkan dua fitur berbasis AI baru pada Reno4 F, yaitu AI Super Night Portrait dan AI Super Clear Portrait.

Untuk AI Super Night Portrait, idenya cukup simpel: fitur ini dirancang untuk membuat wajah subjek foto kelihatan lebih terang di kondisi cahaya yang redup, tapi di saat yang sama tanpa mencerahkan latar belakangnya secara berlebihan (overexposure). Anggap saja HDR, tapi khusus untuk foto portrait dan di kondisi minim cahaya.

Lalu untuk AI Super Clear Portrait, fitur ini diciptakan supaya detail-detail kecil pada wajah macam alis maupun bulu mata bisa kelihatan lebih jelas lagi. Dalam kondisi tertentu, fitur ini bahkan bisa merekonstruksi detail-detail tersebut agar hasil akhirnya tampak jauh lebih optimal.

Lebih lengkapnya soal OPPO Reno4 F, terutama perihal spesifikasi dan harga jualnya, baru akan diungkap lebih lanjut di acara peluncuran resminya pada tanggal 12 Oktober mendatang.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter