Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukur kondisi dan posisi sebuah perusahaan adalah laporan. Laporan yang terukur merupakan gambaran dari apa yang telah dan tengah terjadi dalam perusahaan. Memaparkan hasil capaian dan kinerja setiap orang dalam tim. Sebuah hal yang sangat diperlukan oleh manajer.

Berikut beberapa jenis laporan yang berguna bagi para manajer untuk memantau dan mengukur kognisi bisnis.

Laporan Fokus

Laporan pertama yang berguna adalah The Focus Report atau laporan fokus. Laporan ini berhubungan dengan status terkini dari setiap indikator yang ditentukan pada setiap anggota tim. Status indikator tersebut adalah angka yang menunjukkan hasil kinerja dari periode ke periode. Setiap indikator juga perlu dikembangkan dengan kesepakatan bersama. Kriteria-kriteria pengukuran harus sesuatu yang benar-benar bisa mengukur kinerja setiap orang. Sehingga nilai baik atau buruk bisa menjadi sesuatu yang valid. Laporan ini juga memiliki waktu atau periode tertentu.

Dengan periode tersebut seorang manajer bisa mengukur tren yang terjadi, Seberapa sering seorang bekerja dengan baik, dan seberapa sering seseorang bekerja di bawah performa rata-rata mereka.

Laporan umpan balik

Laporan selanjutnya yang berguna bagi manajer adalah laporan umpan balik atau feedback. Laporan ini merupakan ringkasan dari sesuatu yang baik dan sesuatu yang buruk berdasarkan indikator karyawan. Menggambarkan faktor-faktor yang berada di bawah ambang batas bawah dan yang berada di atas ambang batas atas, atau sesuatu yang melebihi nilai tertinggi yang ditetapkan.

Hasil laporan ini bisa dicatat untuk mengukur sejauh mana Anda mendekati tujuan dan sejauh apa yang bisa diperbaiki.

Laporan manajemen

Sebagai seorang manajer mengetahui kejadian mengenai seluruh tanggung jawab yang dipegang merupakan keharusan. Untuk itu seorang manajer perlu memiliki laporan tentang manajemen secara keseluruhan. Laporan ini seperti ringkasan dari laporan umpan balik dari setiap orang yang berada di bawah tanggung jawab dan rantai komando Anda.

Dengan laporan ini juga Anda bisa mengetahui kinerja setiap orang secara tidak langsung melalui laporan dari setiap individu pemimpin tim.