JFDI Umumkan Tiga Gelombang Program Akselerator Startup di Tahun 2014

JFDI Umumkan Tiga Gelombang Program Akselerator Startup di Tahun 2014

JFDI-coffee
JFDI-coffee

Inkubator startup asal Singapura Joyful Frog Digital Incubator Asia (JFDI) baru saja mengumumkan tiga program akselerator startup secara back to back di tahun 2014 ini. Seperti biasanya, startup yang terpilih dalam program akselerator ini ditawari berbagai keuntungan antara lain sejumlah paket pengembangan seperti uang tunai, co-working space, dan juga kesempatan berharga untuk pitching di depan investor pada demo day.

Diumumkan melalui siaran pers yang kami terima, program akselerator JFDI di tahun 2014, jika sesuai rencana, akan diadakan pada tanggal 20 Maret, 26 Juni, dan gelombang terakhir pada 2 Oktober 2014. Di setiap gelombang nantinya akan ada sekitar 10 hingga 15 startup yang akan dipilih untuk mengikuti program yang ditawarkan oleh JFDI.

Untuk tahun ini, startup yang terpilih untuk mengikuti JFDI akan ditawarkan uang tunai sebesar US$19.500 atau hampir senilai Rp 24 juta menurut kurs saat ini. Selain uang tunai, startup yang beruntung tersebut juga akan memperoleh mentoring senilai $117.000 serta pemanduan teknis dan fasilitas vendor lainnya yang bernilai hingga $234.000.

Selain uang cash dan dana  pengembangan lainnya yang bernilai besar, dalam program akselerator ini juga disediakan ruang kerja untuk pengembangan teknis dan inovasi yang difasilitasi sendiri oleh pihak JFDI dalam kampus inovasi. Program akselerator JFDI juga memberikan kesempatan bagi para startup untuk melakukan pitching atau presentasi konsep di hadapan lebih dari 100 early-stage investor yang akan dilakukan pada demo day atau hari khusus untuk presentasi produk dari para startup.

Menurut keterangan yang diberikan, pada demo day yang diselenggarakan pada program akselerator di tahun-tahun sebelumnya, pihak JFDI mengklaim lebih dari 60% alumni JFDI telah berhasil memperoleh seed funding dengan rata-rata sebesar USD 468.000 dari masing-masing tim.

Menanggapi program akselerator yang akan dicanangkan pada tahun ini, Ray Wu, Accelerator Manager dari JFDI, mengungkapkan kesuksesan program akselerator JFDI di tahun-tahun sebelumnya. “Dari tahun 2012 dan 2013, tiga program akselerator pertama JFDI telah mengajarkan kepada kami banyak hal. Kami telah memiliki 27 startup lulusan yang membuat kami semakin merasa percaya diri tentang proses yang telah kami kembangkan untuk membantu mereka untuk memastikan traksi pasar dan memperoleh pendanaan awal.”

Ia juga mengungkapkan, setelah sukses memandu banyak lulusan di tahun sebelumnya, pada program-program accelerator kali ini JFDI akan berfokus pada pengembangan jangka panjang dari startup lulusannya. “Pada dua tahun ke depan, kami akan meningkatkan skala dengan menempatkan struktur-struktur yang mendukung pengembangan para startup baik itu sebelum program akselerator maupun sesudahnya.”

Bagi startup yang ingin mendaftar pada program akselerator JFDI 2014 dapat mengunjungi tautan ini untuk proses registrasi sebelum nantinya ditutup pada tanggal 21 Februari. Menurut info yang diberikan, tim startup yang beruntung untuk masuk ke dalam program akselerator ini diwajibkan untuk melakukan pengembangannya di Singapura sebagai basis JFDI itu sendiri.

[ilustrasi foto dari: JFDIFlickr]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…