17 July 2014

by Yoga Wisesa

Jibo Ialah Robot Pintar Pertama yang Dibuat Khusus Untuk Keluarga Anda

Sejak puluhan tahun lalu, manusia memiliki harapan yang besar akan robot. Dalam berbagai karya fiksi ilmiah seperti Star Trek, Star Wars, novel-novel tulisan Philip K. Dick, Doreamon, hingga Wall-E, kita selalu memimpikan bahwa robot suatu saat akan menjadi sahabat dan bagian penting dalam keseharian hidup manusia. Masa itu, bisa jadi dimulai sekarang.

Dibuat oleh tim jenius yang dipimpin oleh Cynthia Breazeal, seorang pionir di bidang robotik dan profesor dari Massachusetts Institute of Technology, mereka mengenalkan Jibo: sebuah robot pertama yang dirancang agar bersahabat dengan manusia, dan mampu membantu berbagai macam aktivitas para anggota keluarga Anda - tua maupun muda.

Jibo memiliki penampilan yang lucu, dengan tinggi 28 sentimeter dan bobot tidak sampai 3 kilogram. Desainnya mengingatkan saya sedikit pada robot Eve dalam film Wall-E, dengan bentuk membulat tanpa sudut. Tentu saja, Jibo tidak bisa terbang ataupun berjalan sendiri. Tapi mekanisme pergerakan yang dimilikinya membuat Jibo bisa menoleh ke segala arah dengan sudut 360 derajat.

Robot mungil ini bukan sekedar medium interaktif pintar. Teknologi kecerdasan buatan di dalamnya diklaim telah jauh melampaui Siri, Cortana, ataupun yang dimiliki Google. Algoritma AI Jibo memungkinkannya belajar dan beradaptasi di lingkungan keluarga. Ia bisa melihat, mendengar, dan berkomunikasi dengan Anda.

 

Info menarik: Robot Lego Ini Bisa Membangun Dirinya Secara Otomatis

 

Kemampuan komunikasi Jibo bisa dibilang yang tercanggih yang ada saat ini. Layaknya personal assistant, ia mampu mengingatkan Anda tugas yang harus segera diselesaikan, atau acara yang akan dilangsungkan - termasuk menyampaikan pesan dari email ataupun SMS. Yang mengagumkan adalah, Jibo dapat berekspresi dan berkomunikasi dengan penyampaian yang natural.

Dengan kemampuan itu, bahkan jika Anda tinggal sendirian di rumah, keberadaan Jibo tidak akan membuat Anda kesepian. Ia dapat mengenal wajah tiap anggota keluarga, dan menyampaikan pesan pada individu yang tepat, di saat yang tepat. Jibo juga bisa mewakilkan Anda dalam acara keluarga yang tak sempat Anda kunjungi.

Contohnya saja, dengan memanfaatkan tablet, Anda dapat berbincang-bicang dengan seluruh anggota keluarga saat acara makan malam. Jibo akan menampilkan wajah Anda, dan ia secara cerdas akan menoleh ke individu yang melakukan percakapan dengan Anda - bisa jadi orang tua, pasangan ataupun buah hati. Untuk menyambungkan Jibo ke perangkat pintar, kita hanya perlu mengunduh app di Google Play atau Apple store.

 

Info menarik: Ai.Frame, Robot Rakitan Canggih yang Bisa Anda Upgrade dan Kendalikan Sendiri

 

Dalam acara kumpul keluarga, Jibo dapat berperan sebagai fotografer ataupun videographer independen, dan merekam secara otomatis. Ia mampu mengkoordinasi kebutuhan keluarga, menjadi medium bermain dan komunikasi bagi remaja, membantu para manula, serta menjadi platform bagi anggota keluarga untuk saling terhubung.

Contoh lain kecanggihan Jibo adalah robot pintar ini mempunyai kemampuan mendongeng untuk buah hati Anda - lengkap dengan animasi, ekspresi, pergerakan dan suara. Ia juga dapat membantu anak-anak dalam belajar, bermain, bahkan merespon perintah anggota keluarga dengan jenaka.

Berbicara dengan Daily Mail, profesor Cynthia Breazeal menjelaskan, "Jibo merupakan robot keluarga pertama yang mampu memanusiakan informasi, aplikasi dan layanan, serta membantu orang-orang dan keluarga dalam menyampaikan kebutuhan interaksi manusia yang kompleks. Contohnya seperti pendidikan, proses penuaan, dan pengelolaan kesehatan dalam kenyamanan rumah Anda."

Brazeal tak lupa mengingatkan bahwa Jibo tidak dibuat untuk menggantikan hubungan antar-manusia, tapi untuk mendukung dan melengkapinya. Ia disajikan dengan cara yang efektif, menyenangkan, dan yang terpenting, terjangkau. Silakan saksikan kecanggihan Jibo dalam video di bawah ini:

Jika video di atas membuat Anda jatuh hati dengan Jibo, Anda bisa segera melakukan pre-order di MyJibo.com. Untuk sebuah robot pintar, ia ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, hanya US$ 499.