1. Lifestyle

Jide Hentikan Pengembangan Remix OS Secara Total

Kemungkinan karena faktor finansial, Jide pun memutuskan untuk pivot ke segmen enterprise

Masih ingat dengan Remix OS, sistem operasi berbasis Android yang memiliki tampilan ala desktop dan memang dirancang untuk PC serta Mac? Ada kabar buruk bagi para penggemarnya. Jide, developer asal Tiongkok di baliknya, memutuskan untuk menghentikan pengembangan Remix OS secara total.

Bukan cuma software-nya saja, tapi hardware-nya pun juga, termasuk set-top-box Remix IO yang ditawarkan melalui Kickstarter – semua backer-nya dipastikan bakal menerima refund. Lalu mengapa sebenarnya Jide membuat keputusan yang tiba-tiba sekaligus mengejutkan seperti ini?

Jawabannya kurang bisa dipastikan, namun saya berasumsi bahwa krisis finansial merupakan salah satu faktor. Hal ini didasari oleh keputusan Jide untuk pivot ke segmen enterprise. Ya, mereka bukannya bangkrut, namun cuma meninggalkan segmen consumer saja.

Peralihan fokus ke segmen enterprise ini adalah langkah yang cukup masuk akal mengingat Jide memang memiliki cukup banyak klien dari beragam industri. Alasan pendukungnya, mungkin laba yang dihasilkan dari segmen enterprise bisa lebih besar ketimbang consumer, apalagi mengingat Remix OS memang didistribusikan secara cuma-cuma.

Remix OS for Mobile / Jide

Saya yakin banyak yang kecewa mendengar kabar ini, terutama setelah melihat visi Jide lewat Remix OS for Mobile yang menawarkan fitur ala Continuum milik Windows 10, dimana smartphone dapat disulap menjadi komputer hanya dengan menyambungkannya ke monitor. Kendati demikian, Jide bukan satu-satunya yang mengeksekusi konsep semacam ini, Samsung pun juga, belum lagi fakta bahwa Chromebook kini sudah bisa menjalankan aplikasi Android.

Kiprah Jide di ranah consumer memang terbilang singkat, diawali oleh kampanye di Kickstarter pada tahun 2014 untuk Remix Ultratablet. Dengan dukungan komunitas yang cukup besar, perkembangannya dalam waktu tiga tahun saja terbilang pesat, namun sayang itu semua harus berakhir di tangan enterprise.

Sumber: The Verge dan Jide.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again