1. Startup

Joborobo.com, Membantu Perekrutan Tenaga Kerja Menjadi Lebih Baik

Saya tahu Taleo yang banyak dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membantunya memberikan pertimbangan tentang kecocokan profil seseorang dengan lowongan pekerjaan yang ada. Meskipun demikian solusinya yang komplit tentu membuat Taleo tidak dapat digunakan oleh banyak pihak, terutama yang berbudget kecil. Padahal solusi yang ditawarkan sangatlah berguna untuk penunjang seleksi dan perolehan pegawai secara jangka panjang.

Situs lowongan kerja di sini memang bermacam-macam, tapi bisa jadi hampir] tidak ada yang memberikan suatu sistem terpadu yang memberikan bantuan kepada pencari tenaga kerja untuk memberikan pertimbangan, dari sisi psikotes misalnya, sebelum yang bersangkutan dipanggil untuk melakukan wawancara. Joborobo.com hadir memenuhi kebutuhan ini sebagai suatu startup teknologi yang menyasar bidang sumberdaya manusia dan perekrutannya. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau.

Secara tampilan, situsnya cukup simpel. Untuk dapat menggunakan semua fitur yang ada, termasuk melihat deskripsi lengkap suatu lowongan kerja, Anda harus login terlebih dahulu. Yang paling mudah tentu menggunakan akun Facebook yang dikaitkan dengan profil Anda. Setelah itu Anda diminta melengkapi resume, yaitu menambahkan riwayat pekerjaan dan pendidikan. Jika semua sudah terpenuhi, Anda akan diajak untuk menuju Tes Psikologi secara online. Berhubung tes ini diadakan secara online, pastikan koneksi Anda stabil dan Anda dalam kondisi siap, karena tidak mudah untuk meminta tes ulang karena permasalahan teknis atau non-teknis yang mengganggu hasil Anda di tes ini.

Setelah melewati fase tes psikologi, Anda akan dijadwalkan untuk melakukan Robo Interview. Wawancara ini nampaknya dilakukan oleh pihak Joborobo untuk melengkapi hasil psikotes yang sebelumnya. Data-data yang diperoleh nantinya akan diolah oleh tim Joborobo menjadi rekomendasi, misalnya pekerjaan atau karir yang cocok untuk yang bersangkutan seperti apa. Rekomendasi ini juga akan menjadi pertimbangan vital apakah pencari kerja ini cocok dengan profil yang diinginkan oleh employer.

Segala proses ini bernilai gratis untuk pencari kerja. Semua biaya dibebankan kepada employer. Pembiayaan untuk mengikuti program yang dimiliki oleh Joborobo dapat dilihat secara lengkap di laman ini. Pembiayaan berdasarkan atas jumlah pekerjaan yang bisa di-submit dan durasinya serta pencarian kandidat secara premium. Selain itu employer juga bisa mengiklan pekerjaan yang dimilikinya [dalam bentuk banner ataupun peletakan strategis] di situs Joborobo.

Joborobo didirikan oleh Wian Tony dan memiliki tim psikolog yang dipimpin oleh Maria Jona. Secara pendanaan Joborobo telah memperoleh bantuan dari Batavia Incubator -- joint venture Corfina Capital Group dan Rebright Partners dari Jepang. Ini merupakan portofolio kedua Batavia Incubator setelah Bukalapak.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again