1. Lifestyle

John Carmack: Selamat Tinggal id Software

Bapak dan pencipta game first-person shooter, co-founder developer paling sepuh dan paling berpengalaman di dunia, dan salah satu penggagas proyek Oculus Rift akhirnya mengucapkan selamat tinggal pada perusahaan yang turut membesarkan nama serta franchise-franchise game paling legendaris yang pernah dibuat anak manusia, id Software.

Berbicara pada PC Gamer, sang direktur studio id Software, Tim Willits, menjelaskan, "John Carmack, yang kini telah tertarik untuk fokus pada hal selain pengembangan game di id [Software], telah mengundurkan diri dari studio ini. Proyek pekerjaan id Tech 5 buatan John [Carmack] dan juga pengembangan teknologi di id telah rampung, kepergiannya tidak akan mempengaruhi proyek-proyek yang masih berlangsung."

"id Software beruntung memiliki tim programer yang sangat cerdas, yang juga pernah bekerja langsung dengan John, untuk meneruskan tradisi id dan menciptakan game-game luar biasa dengan teknologi canggih. Sebagai rekan-rekan John selama bertahun-tahun, kami harap ia sukses," lanjut Willits.

Kepergian ini tampaknya sudah direncakan sejak bulan Juni lalu. Sang CEO id Software, Todd Hollenshead, sempat menjelaskan bahwa pria kelahiran 20 Agustus 1970 ini akan segera undur diri untuk mengejar 'minat' pribadi. Tapi bukan sebuah rahasia apa yang membuatnya keluar dari id Software: ia ingin lebih fokus mengembangkan proyek barunya, Oculus Rift.

Pencipta Oculus Rift pernah mengakui bahwa John Carmack lebih memiliki talenta sebagai teknisi dibanding desainer game, "Kami di Oculus memiliki talenta yang ahli dalam mendesain game dan juga mereka yang memiliki latar belakang yang sama. Kemampuan desain game John Carmack bukanlah hal yang membantu pengembangan Oculus, namun kami memilihnya karena kemampuan pemrograman yang menakjubkan dan cara ia mengerti bagaimana mengintegrasi perangkat keras dan perangkat lunak secara efektif."

Selain menjadi pemimpin pemrograman game-game seperti Commander Keen, Wolfenstein 3D, Doom, Quake hingga Rage, Carmack juga terkenal karena berhasil memberikan inovasi di bidang grafis 3D. Bukan itu saja, ia juga penemu teknologi-teknologi seperti Adaptive Tile Refresh, Raycasting dan Binary Space Partitioning.

Walaupun kini pekerjaannya di id Software telah berakhir, John Carmack masih 'memiliki ikatan' pada game-game baru sang parent company Bethesda yang akan segera dirilis, beberapa contohnya adalah The Evil Within (John Carmack sebagai engine programmer) dan Doom 4 (sebagai technical director).

Via PC Gamer. Gambar header: SpaceNews.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again