Dark
Light

Jolla Buka Pre-Order Smartphone Berbasis Sistem Operasi Sailfish Pertama

1 min read
May 21, 2013

Masih ingat dengan sistem operasi Sailfish? Sekedar menyegarkan kembali ingatan Anda, Sailfish merupakan sistem operasi mobile besutan Jolla, perusahaan yang didirikan oleh beberapa mantan karyawan Nokia yang keluar setelah pengembangan sistem operasi MeeGo dihentikan oleh Nokia. Sejak awal tahun, Jolla sudah mengungkap wacana akan merilis perangkat ponsel pintarnya sendiri, tentunya dengan berbasis sistem operasi Sailfish.

Kini akhirnya wacana tersebut semakin menjadi nyata. Melalui situs resminya, Jolla mengumumkan dibukanya pemesanan ponsel pintar berbasis Sailfish yang pertama. Perangkat ini rencananya akan memiliki spesifikasi sebagai berikut: layar berukuran 4,5 inci, prosesor berinti ganda (meskipun tidak disebutkan spesifikasi jelasnya), kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB, serta kamera beresolusi 8 megapiksel. Ponsel Sailfish pertama ini juga sudah mendukung jaringan 4G.

Selain membuka pemesanan, Jolla juga mengajak para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi untuk sistem operasi Sailfish. Salah satu aspek yang dikedepankan oleh Jolla adalah kompatibilitas antara sistem operasi Sailfish dengan aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk berjalan di atas sistem operasi Android.

Ponsel pintar dari Jolla ini dibanderol dengan harga 399 euro (sekitar 5 juta rupiah) dan rencananya akan mulai dipasarkan di akhir tahun 2013. Perangkat ini akan dipasarkan di wilayah Eropa terlebih dulu, kemudian baru dipasarkan di negara-negara lain bergantung dari seberapa besar permintaan pasar di negara-negara tersebut.

 

Sumber: Ars Technica.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Flickr Hadir dengan Tampilan Baru, Beri Kuota Hingga 1 TB untuk Setiap Pengguna

Next Story

Menilik Pertarungan Windows Phone dan BlackBerry dari Data IDC

Latest from Blog

Don't Miss

Logo Sailfish 30 OS dari Jolla

Jolla Umumkan Sailfish 3 OS, Lebih Aman dan Mendukung 4G LTE

Pengembang asal Finlandia, Jolla baru saja mengumumkan versi baru Sailfish OS

Jolla Perkenalkan Sailfish X, OS untuk Smartphone Xperia X

Pengguna perangkat Sony Xperia X bakalan mendapat tatap muka alternatif