24 June 2014

by Iqbal Farabi

Jolla Launcher Segera Hadir di Google Play

Terakhir kali kita mendengar kabar tentang Jolla, perusahaan produsen ponsel pintar asal Finlandia tersebut sudah berhasil mengembangkan fitur yang memungkinkan sistem operasi mobile besutannya, Sailfish OS, bisa menjalankan aplikasi Android. Masih berusaha menarik minat para pengguna Android, kali ini Jolla merencanakan untuk menghadirkan aplikasi Jolla Launcher ke Google Play.

 

Informasi menarik: Sailfish OS Kini Bisa Menjalankan Aplikasi Android.

 

Pengguna Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi launcher. Sudah banyak pihak yang mencoba untuk menarik minat pengguna Android dengan mengembangkan aplikasi launcher untuk Android. Layanan media sosial seperti Facebook sudah merilis Facebook Home. Sementara layanan instant messaging seperti KakaoTalk juga sempat dikabarkan akan merilis aplikasi launcher. Demikian juga kompetitor Android seperti Firefox OS. Teranyar, Nokia baru-baru ini juga merilis launcher besutannya sendiri yang disebut dengan Z Launcher.

Di situs resminya, Jolla menyatakan bahwa strategi meluncurkan launcher untuk Android ini bertujuan untuk memperkenalkan pengguna Android dengan antarmuka dan desain interaksi yang ada di Sailfish OS, utamanya penggunaan antarmuka berbasis gestur.

Rencananya Jolla Launcher akan mulai hadir dalam versi alpha di Google Play. Karena masih berstatus versi alpha, jika ingin ikut mencoba Jolla Launcher, Anda harus mengirimkan email ke jolla-launcher@jolla.com terlebih dulu untuk bisa mendapatkan tautan ke halaman unduhan Jolla Launcher di Google Play. Dalam email tadi, Anda harus menyediakan informasi berupa nama dan jenis perangkat apa yang akan Anda gunakan.

Untuk sementara waktu Jolla Launcher baru tersedia untuk perangkat Nexus 4, Nexus 5, dan perangkat-perangkat ponsel pintar yang sudah menggunakan sistem operasi Android versi 4.3 ke atas. Jolla menjanjikan fase tes versi alpha ini akan mulai bergulir pada pekan ini. Setelah fase tes versi alpha, Jolla Launcher akan disempurnakan lebih lanjut sebelum dibuat tersedia bagi kalangan pengguna yang lebih luas.