28 August 2017

by Bambang Winarso

Jolla Perkenalkan Sailfish X, OS untuk Smartphone Xperia X

Sayangnya, OS ini tidak gratis. Dibanderol cukup mahal dan juga belum sepenuhnya sempurna

Pengguna perangkat Sony Xperia X bakalan mendapat tatap muka alternatif dari Sailfish OS, sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Jolla. Ketersediaan ini diumumkan langsung oleh Jolla melalui situs resminya. Tapi, untuk bisa menggunakan Sailfish OS di perangkat Xperia Z, Anda harus menebusnya terlebih dahulu.

Yap, cukup mengejutkan memang, Sailfish X- sebutan untuk versi ini - dilepas dengan mahar. Untuk bisa memasang Sailfish X, pengguna diminta untuk membayar seharga €49.90 termasuk VAT dan bisa segera diunduh pada tanggal 11 Oktober 2017 mendatang. Menarik untuk melihat bagaimana respon publik atas penawaran ini, mengingat Sailfish OS belum begitu populer di ranah mobile. Penjualannya sendiri baru akan dimulai pada tanggal 27 September di Eropa, kemudian disusul Amerika Serikat dan Kanda.

Sailfish OS merupakan sistem operasi mobile berbasis Linux yang dikembangkan oleh Jolla. Berbasis di Finlandia, sejumlah perusahaan telah menggandengnya sebagai pemasok OS. Beberapa nama antara lain Intex, Fairphone dan Tri.

Anehnya, meski sudah bersiap menjajakan OS-nya, Jolla masih mengakui bahwa sistem operasi Sailfish X masih dalam tahap pengembangan. Bahkan, beberapa fitur dipastikan masih akan ditahan sampai benar-benar matang dan siap dilepas. Seperti fitur Bluetooth, sensor barometer, step counter, fingerprint, dan FM-radio.

Tetapi Jolla menjanjikan bakal memberikan panduan selengkap dan semudah mungkin bagi mereka yang membeli produknya. Konsumen juga diwajibkan mempunyai komputer berbasis Linux untuk bisa memasang OS ke dalam perangkat Sony Xperia X dan hanya untuk versi single SIM.

Dengan segala keterbatasan itu, masihkah ada konsumen yang bersedia membeli? Sebuah tantangan berat menunggu bagi Jolla tampaknya.

Sumber berita Jolla.