Categories

Gadget

Jolla Siapkan Perangkat Baru di Tanggal 19 November

Bambang Winarso - 18 November 2014

Hampir setahun sejak peluncuransmartphone perdananya, pergerakan Jolla nyaris tak terdeteksi radar media. Baru minggu ini vendor asal Finlandia ini tampak kembali bersiap melepas varian baru setelah melansir teaser melalui jejaring sosial Facebook dan memajang timer hitung mundur di situs resmi mereka.

Dipantau oleh TRL di situs resmi Jolla terpampang hitung mundur yang bila tuntas akan jatuh di hari Rabu, 19 November 2014. Mengindikasikan bahwa Jolla sedang bersiap untuk meluncurkan sesuatu di hari itu.

Selain menampilkan hitung mundur, Jolla hanya menyertakan beberapa informasi saja, tapi dari sana kita bisa buat beberapa prediksi. Misalnya terdapat teks “Something BIG is about to begin” tepat di bawah hitung mundur mengindikasikan Jolla berencana merilis smartphone yang barangkali berukuran besar atau lebih familiar disebut phablet. Atau mungkin saja tablet, mengingat mereka belum memiliki perangkat di segmen ini.

Kemudian di bagian atas terdapat potongan perangkat yang bisa saja itu tablet atau smartphone, yang sedikit banyak memberi kita gambaran seperti apa perangkat baru Jolla. Dari mata telanjang kita bisa lihat dimensinya yang lumayan tipis, sepertinya perangkat ini bisa jadi cikal bakal pesaing Oppo R5 yang juga baru dirilis beberapa bulan lalu.

 

Info Menarik: Nokia Siap Rilis Perangkat Baru? Coba Tebak Perangkat Apa!

 

Menariknya, sisi tepi perangkat berbentuk lekukan bulat alih-alih kotak seperti yang biasa diterapkan oleh sejumlah vendor. Bentuk ini pun bahkan berbeda dengan varian pertama smartphone Jolla.

Jolla sendiri adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh mantan pegawai-pegawai Nokia yang sebelumnya mengembangkan MeeGo.

Yang menarik dari Jolla ini adalah sistem operasi yang digunakan. Alih-alih mengikuti arus, Jolla lebih memilih untuk mengembangkan sistem operasi sendiri yang dijuluki Sailfish OS.

Sailfish OS merupakan kembangan dari warisan sistem operasi open source Meego yang dahulu sempat dikembangkan oleh Nokia. Pengguna smartphone ini tak perlu khawatir dengan dukungan aplikasi, sebab smartphone Jolla ini selain mendukung aplikasi untuk OS Jolla, juga mendukung aplikasi dan games berbasis Android.

Jadi, entah itu smartphone atau tablet yang akan dirilis oleh Jolla, tampaknya akan sama-sama menarik untuk dinanti.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id