28 February 2018

by Bambang Winarso

Jolla Umumkan Sailfish 3 OS, Lebih Aman dan Mendukung 4G LTE

Versi baru ini akan menampilkan toko aplikasi yang diperbarui dan mendukung 4G VoLTE

Pengembang asal Finlandia, Jolla baru saja mengumumkan versi baru Sailfish OS di Mobile World Congress, yang akan dikenal sebagai Sailfish 3. Versi baru ini akan menampilkan toko aplikasi yang diperbarui, mendukung 4G VoLTE dan memiliki peningkatan kinerja yang nyata. Sailfish 3 juga akan tersedia untuk lebih banyak perangkat.

Sailfish OS adalah sistem operasi mobile yang diproduksi sebagai penerus platform MeeGo Nokia. Ponsel pertama dengan Sailfish OS diluncurkan pada 2013 dan pengerjaan versi 3.0 telah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu dengan target peluncuran pada kuartal ketiga tahun 2018.

Dalam pengumumannya, Jolla mengklaim telah memperluas fitur dan opsi keamanan di dalam Sailfish 3 OS untuk menjadikannya sebagai opsi "solid" untuk berbagai kebutuhan korporat. Sistem operasi mobile yang baru tersebut juga mendapat dukungan penuh untuk infrastruktur regional, termasuk upgrade OS, pendirian pusat R & D independen beserta layanannya, hosting lokal, pelatihan, dan rangkaian fitur yang fleksibel. Sedangkan bagi pengguna publik, OS ini diklaim memiliki kemampuan untuk mendukung konfigurasi di perangkat yang mempunyai spesifikasi rendah dan bahkan mampu menjalankan aplikasi Android.

Sailfish 3 OS juga memiliki dukungan VoLTE untuk menghadirkan jaringan berkecepatan tinggi di smartphone 4G masa depan. Selanjutnya, Jolla mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kerjasama dengan salah satu pabrikan perangkat papan atas, Sony. Di masa mendatang, Sailfish 3 OS bahkan disebut akan berjalan di Sony Xperia A2.

Terakhir, Jolla mengumumkan dukungan untuk beberapa perangkat lain seperti smartphone Gemini dari Planet Computers dan dua tablet dari Inoi yang ditujukan untuk pasar Rusia.

Sumber berita PhoneArena dan gambar header Jolla.