Berita

Jongla Kenalkan Delivered sebagai SDK untuk Pengembangan Aplikasi Pesan

Menggunakan layanan cloud yang sepenuhnya disediakan untuk aplikasi

Jongla salah satu layanan perpesanan asal Finlandia mulai menawarkan teknologinya kepada perusahaan atau pengembang aplikasi melalui SDK (Software Development Kit) yang diberi nama Delivered. Dengan SDK tersebut diharapkan para pengembang aplikasi dapat menikmati teknologi pengiriman pesan yang ringan dengan sistem berbasis cloud yang sepenuhnya di-hosting untuk aplikasi Android dan iOS.

Dalam keterangannya CEO Jongla Riku Slaminen menyatakan bahwa layanan pesan instan telah menjadi cara dominan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia di abad 21. Masyarakat sekarang memanfaatkan sebagian besar waktunya untuk terhubung dengan lainnya memanfaatkan aplikasi sosial dan pesan instan melalui smartphone mereka.

“Chat itu raja – pesan instan telah menjadi cara dominan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia di abad ke-21. Pengguna perangkat mobile mengharapkan pengalaman pengguna yang real-time dengan usaha minimal. Para pengembang aplikasi juga menghadapi tantangan dengan retensi pengguna; dan fitur pengiriman pesan yang dikembangkan dengan baik akan sangat membantu untuk meningkatkan retensi pengguna,” terang Salminen.

Saat ini tim Jongla juga mengembangkan protokol pengiriman pesan untuk memberikan solusi yang memungkinkan konsumsi data sesedikit mungkin. Dengan SDK yang diklaim cukup ringan untuk digunakan dan protokol pengiriman pesan yang hemat data, pihak Jongla menawarkan harga yang kompetitif sehingga perusahaan bisa mengambil banyak keuntungan dengan memanfaatkan Delivered.

“Banyak komunitas hiburan, kesehatan, kebugaran dan olahraga yang kami targetkan, memiliki pengguna di pasar yang sedang berkembang dan kami terus memperhatikan pengalaman yang dirasakan oleh penggunanya. Biaya data dan stabilitas jaringan mobile merupakan isu nyata bagi mereka,” lanjut Salminem.

Sebagai informasi, Delivered juga menyediakan beberapa fitur baru seperti penemuan teman dan pengiriman pesan group dalam skala besar. Fitur ini diharapkan bisa membantu perusahaan-perusahaan dalam membangun komunitas. Disampaikan Salminen melalui Delivered perusahaan mampu membangun jejaring sosialnya sendiri di dalam aplikasi. Salah satu perusahaan Indonesia yang menggunakan Delivered ini adalah PicMix.

“Kami ingin membantu perusahaan -perusahaan dengan membangun komunitas berdasarkan atribut seperti minat, acara-acara publik dan lokasi. Dengan Delivered, perusahaan-perusahaan tersebut mampu membangun jejaring sosialnya sendiri di dalam aplikasi. Pengguna tidak lagi harus meninggalkan aplikasi tersebut untuk bersosialisasi menggunakan aplikasi pengiriman pesan instan atau jejaring sosial,” ujar Salminen.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter