Categories

Berita

Jongla Lite Hadir di Platform Android dan Firefox OS

Tindak lanjut platform messaging Finlandia untuk berusaha memiliki porsi pengguna signifikan di Asia Tenggara

Amir Karimuddin - 23 February 2015

Platform messaging asal Finlandia Jongla masih belum menyerah dalam usahanya mendobrak hegemoni platform besar yang sudah ada. Setelah menjalin kerja sama dengan XL Axiata di bulan November lalu, kali ini Jongla merilis Jongla Lite yang diklaim memiliki ukuran hanya 15% dibandingkan ukuran aplikasi para pesaing. Versi Lite ini mula-mula hadir di platform Android dan Firefox, berikutnya disusul untuk iOS dan Windows Phone bulan Maret mendatang.

Jongla Lite memiliki ukuran 2,7 MB. Ukuran tersebut diklaim jauh lebih kecil ketimbang para pesaing. Bagi mereka yang memiliki smartphone low end dengan kapasitas memori terbatas, bisa saja Jongla Lite menjadi alternatif solusi yang menarik.

CEO Jongla Riku Salminen dalam rilis persnya mengatakan, “Jongla Lite merupakan yang pertama dari sejumlah terobosan pengembangan produk yang kami rencanakan untuk tahun 2015. Jongla Lite telah dirancang untuk pasar di Asia Tenggara dimana kami telah memiliki basis pengguna yang signifikan dan berkembang terutama di Indonesia, di mana kami melihat potensi permintaan yang besar untuk aplikasi pesan singkat berkualitas tinggi.”

“Kami percaya bahwa versi terbaru dari aplikasi ini juga akan memiliki daya tarik melampaui pasar-pasar dimana kami telah sukses sebelumnya, seperti Thailand dan Indonesia, namun juga untuk para pengguna berusia muda di seluruh dunia yang umumnya memiliki ponsel berspesifikasi rendah. Kami berharap kelompok yang kedua ini dan juga orang tua mereka, akan menyambut keuntungan rendahnya biaya aplikasi pesan singkat ini dan, seiring mereka bertumbuh dewasa dan meng-upgrade ponsel mereka, untuk akhirnya menggunakan versi aplikasi Jongla yang lebih berat,” lanjutnya.

Jongla patut berfokus ke pasar Asia Pasifik, karena 70% penggunanya berada di kawasan ini.

Salminen menambahkan, “Kami tidak merahasiakan niat kami untuk mengambil posisi terdepan di Asia Pasifik. Kami telah menciptakan versi yang berkualitas tinggi dan rendah memori dari aplikasi pesan instan kami yang sangat cocok untuk pasar ini dan sekarang, dengan kantor baru kami, berada di posisi ideal untuk menyediakan para pelanggan kami di kawasan ini dengan layanan dan keahlian lokal. Selanjutnya kami akan melakukan investasi di lebih banyak kemitraan strategis regional, kantor-kantor lokal baru lainnya dan stiker yang disesuaikan untuk pasar tertentu di kawasan ini.”

Untuk mendanai ekspansinya di pasar Asia yang potensial, Jongla memperoleh pendanaan €3,4 juta dari sejumlah investor Finlandia.

“Kami tengah melakukan berbagai kegiatan investasi terkait yang dirancang untuk memastikan bahwa kami dapat mendanai peningkatan pemasaran dan produk yang disesuaikan untuk membangun keunggulan yang kami nikmati saat ini lebih jauh. Saya sadar sepenuhnya bahwa kami harus terus berinvestasi dalam pengembangan karena ini merupakan pasar yang sangat dinamis; kami perlu terus melakukan inovasi jika kami ingin tetap selangkah lebih maju dari pesaing,” pungkasnya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter