Hybrid Cup Chess Rush Selesai Digelar, KiNoizzee Jadi Juaranya

Pertarungan top 8 Hybrid Cup Chess Rush berlangsung sangat sengit. Diwarnai dengan kisah menarik dari KiNoizzee.

Akhir pekan lalu (9 November 2019) menjadi puncak bagi rangkaian kompetisi Hybrid Cup Chess Rush. Setelah penyisihan ketat selama empat hari pada 28 sampai 31 Oktober 2019 lalu, babak final yang diadakan di Hybrid Dojo, Kemang, Jakarta Selatan, menjadi pertempuran terakhir bagi 16 Grandmaster peserta Hybrid Cup Chess Rush.

Pertandingan babak 16 besar para peserta dibagi ke dalam 2 grup, yaitu Grup A dan grup B. Mereka kembali saling adu strategi untuk berebut posisi 8 besar agar bisa mendapatkan hadiah utama, OPPO A9 2020. Namun mereka untuk babak final, mereka bertanding dengan format 2 ronde mode Classic dan 1 ronde mode Turbo.

Walau masih babak 16 besar, namun pertarungan sudah berjalan dengan sangat sengit. Jalannya pertandingan jadi sulit ditebak. Ronde pertama grup A contohnya, VOID.cg yang memimpin pertandingan sejak awal, bisa-bisanya jadi finish di peringkat 4, tersingkir oleh NXL.Valstrx.tt.

Sumber: Hybrid - Ajie Zata

Masuk ke babak Top 8, pertarungan jadi semakin sengit sekali. Lagi-lagi, momentum pertarungan keras antar pemain terjadi di ronde pertama. Dalam pertarungan Chess Rush, jumlah HP para pemain kadang mulai timpang ketika sudah mencapai ronde 20-an. Pada pertandingan kemarin, beda HP antar pemain hanya beda tipis saja, membuktikan strategi serta line-up solid antar pemain.

Setelah 2 ronde babak Top 8, GN|Danek menampilkan konsistensi yang menjanjikan, kendati demikian KiNoizze dan Evolve.PeloR sudah mengintai di bawahnya, siap menyergap kapanpun sang pemuncak klasemen lengah. Namun setelah pertarungan ronde ketiga, nama KiNoizze yang pada akhirnya muncul sebagai juara, mendapatkan hadiah utama berupa OPPO A9 2020. GN|Danek harus puas di peringkat 2, dan Evolve.PeloR berada di peringkat 3 dan mendapatkan hadiah berupa OPPO A5 2020.

Sumber: Hybrid - Ajie Zata

Pertandingan Hybrid Cup Chess Rush ini menjadi berkesan, salah satunya karena sang pemenang, KiNoizze, ternyata jauh-jauh datang dari Cianjur. KiNoizze, yang punya nama lengkap Muhammad Kiki Baehaki, sedikit menceritakan perjuangannya untuk dapa turut bertanding di Hybrid Cup, meski harus menempuh jarak yang tidak dekat.

"Waktu pertama ikut, saya bersyukur sekali bisa lolos sampai 16 besar. Lanjut bertanding offline, saya minta izin sama orang tua dan ternyata direstui dan didukung sama orang tua. Saat berangkat dari Cianjur jam 9, diantar Ayah sampai ke stasiun Bogor." KiNoizze menceritakan respon orang tuanya terhadap perjuangannya mengikuti Hybrid Cup Chess Rush.

"Saya rela datang jauh dari Cianjur karena saya cukup yakin akan juara. Tapi saat pertandingan saya sempat down karena kalah di ronde pertama. Tapi saya teringat orang tua saya, dan nggak mau sudah sudah datang jauh-jauh, tapi nggak bisa membuktikan apapun ke orang tua saya. Dari situ saya kemballi termotivasi ingin membuktikan ke orang tua. Alhamdulillah ronde 2 dan 3 mendapat hasil yang memuaskan, yaitu finish rank 2 dan 3." KiNoizze cerita soal perjuangannya selama bertanding di Hybrid Cup.

Top 3 Hybrid Cup Chess Rush, Dari kiri GN|Danek, Evolve.Pelor, dan KiNoizzee. Sumber: Hybrid - Ajie Zata

Kemenangan ini tentu menjadi langkah awal bagi KiNoizze untuk bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi lagi, entah tingkat nasional atau mungkin internasional nantinya. Ia sendiri mengakui bahwa kompetisi seperti Hybrid Cup banyak memberi pengalaman kepada dirinya, termasuk dalam hal mental kompetisi.

"Kompetisi seperti Hybrid Cup menurut saya sangat bagus, karena bisa mengembangkan pemain-pemain yang ingin berkembang sebagai pemain di dunia esports, dan memberi saya banyak pengalaman selama pertandingan. Konsepnya juga sangat mendukung, dari online ke offline, sehingga pemain tidak instan langsung bermain secara offline." KiNoizze membreikan komentarnya terkait Hybrid Cup.

Wiku Baskoro selaku co-founder Hybrid.co.id juga menyatakan komentarnya terhadap selesainya gelaran Hybrid Cup Chess Rush. "Cukup puas dengan terselenggaranya acara Hybrid Cup pertama untuk game mobile. Jumlah pesertanya juga memenuhi target, walau sayangnya ada beberapa peserta yang sudah masuk babak 16 besar tapi batal untuk hadir. Kendati demikian, tidak menutup antusiasme peserta yang ingin hadir dan bertanding."

Wiku Baskoro (Kanan pojok) co-founder Hybrid.co.id. Sumber: Hybrid - Ajie Zata

Tak hanya itu, Wiku juga memberikan apresiasinya kepada KiNoizze yang rela datang demi bertanding di Hybrid Cup. "Salah satu contoh antusiasmenya adalah dari salah satu peserta yang hadir dari Cianjur. Walau datang dari jauh, tapi tidak sia-sia karena dia akhirnya berhasil menjadi juara pertama. Acara offline memang kental dengan nuansa komunitas, karena Hybrid memang menyasar turnamen berbasis komunitas." Wiku Baskoro melanjutan komentarnya.

Menutup perbincangan soal selesainya gelaran Hybrid Cup, Wiku juga mengucapkan terima kasihnya kepada para sponsor dan partner yang memungkinkan terjadinya Hybrid Cup Chess Rush. "Hybrid ingin berterima kasih kepada sponsor, OPPO untuk hadiah utama, serta PEX Chair untuk sponsor tetap Hybrid Dojo, serta mitra acara, LLG, yang telah mendukung berjalannya Hybrid Cup Chess Rush."

Sekali lagi, selamat bagi KiNoizze dan para pemenang yang berhasil membuktikan diri menjadi salah satu Grandmaster Chess Rush terbaik! Sampai bertemu di Hybrid Cup berikutnya!

Keterangan: KiNoizze sebelumnya ditulis EVOS.KiNoizze. Namun setelah melalui konfirmasi, EVOS Esports mengatakan bahwa Muhammad Kiki "KiNoizze" Baehaki tidak memiliki afiliasi apapun dengan manajemen tim EVOS Esports.