Categories

Berita

Juara Imagine Cup 2016 di Tingkat Nasional

Perwakilan dari Universitas Trunojoyo kembali menggaet juara Games, penanganan bakteri tuberkulosis dan inovasi smart home yang disesuaikan dengan penghuni

Randi Eka - 7 April 2016

Setelah terpilih 9 tim terbaik yang diumumkan pertengahan Maret lalu, kemarin (06/4) para finalis Imagine Cup 2016 Indonesia tersebut mengikuti sesi presentasi final untuk menemukan pemenang Imagine Cup di tingkat nasional. Dan tiga tim yang berhasil menjadi juara adalah None Developers (kategori Games) dari Universitas Trunojoyo Madura, Garuda45 (kategori World Citizenship) dari University of Edinburgh dan Hoome Studio (kategori Innovation) dari kolaborasi ITB dan Telkom University.

Dari kategori Games, tim None Developers menyuguhkan Froggy & The Pesticide. Sebuah game yang menceritakan tentang Froggy, sebuah spesies yang harus terhindar dari semprotan pestisida. Game ini memiliki sebuah pesan moral untuk meminimalisir penggunaan pestisida di lingkungan pertanian dan menggantikan dengan biopestisida.

Semenjak Solite Stuido dengan game Save The Hamsters berhasil memenangkan (juara 2) kejuaraan internasional Imagine Cup di tahun 2013, Universitas Trunojoyo Madura menjadi rutin menghadirkan perwakilannya untuk mengikuti ajang tahunan Microsoft untuk mahasiswa ini. Dengan rata-rata produk yang dihasilkan berupa permainan mobile. Menarik untuk dilihat, ketika sebuah pencapaian besar mampu menjadi berkelanjutan, terlebih Trunojoyo adalah universitas yang terletak jauh dari ekosistem digital Indonesia yang sering digadang-gadang, ala Jakarta, Bandung atau Yogyakarta.

Tim Garuda45 sebagai pemenang di kategori World Citizenship hadir dengan aplikasi TB DeCare (Tuberculosis Detect and Care). Aplikasi ini dikembangkan untuk deteksi bakteri tuberkulosis (TB). TB DeCare diintegrasikan dengan alat pendeteksi otomatis dengan pengolahan citra digital dari dahak pasien. Kemudian akan dianalisis dan dilaporkan hasilnya menggunakan ponsel.

Sebagai fitur tambahan, aplikasi DeCare juga terintegrasi dengan portal informasi TG, serta memberikan layanan pengingat minum obat untuk pasien. Ini untuk meminimalisir permasalahan dari TB yang sering terjadi di masyarakat, yakni kepatuhan pasien untuk berobat. Selain itu melalui TB DeCare, dokter atau tim medis lainnya bisa memasukkan data setiap pasien untuk mengevaluasi pengobatannya.

Di kategori Innovation, tim Hoome berhasil mengusung aplikasi Hoome sebagai pemenang. Hoome merupakan rumah pintar yang mampu menyesuaikan dengan kondisi pengguna untuk memberikan kenyamanan. Hoome memfokuskan sensor untuk mendeteksi pengguna, merekam seperti tingkat stres, kondisi mood, kesadaran dan sebagainya dengan wearable devices yang terpasang (Electroencephalogram, Electromyography dan Smartwatch). Dari hasil tangkapan sensor, secara otomatis berbagai perangkat di rumah, seperti pencahayaan, suhu, aroma terapi, dan home entertainment akan menyesuaikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter