1. Startup

Juara Umum di Tingkat Regional, Tim CIMOL dari ITB Melaju ke Word Final Imagine Cup

World Final Microsoft Imagine Cup 2017 akan dilaksanakan bulan Juli di Seattle, memperebutkan total hadiah senilai 1,6 miliar rupiah

Setelah sebelumnya berlaga dan terpilih menjadi pemenang di tingkat nasional, Tim CIMOL dari ITB berangkat mewakili Indonesia di Imagine Cup tingkat Asia Tenggara. Acara final regional tersebut berlangsung di Filipina diikuti oleh hampir seluruh perwakilan negara di kawasan tersebut. Dalam kompetisi final regional, tim perwakilan Indonesia berhasil menjadi juara utama, mengalahkan 9 tim dari negara lainnya.

Seperti diketahui dalam pemberitaan yang lalu, Tim CIMOL mengembangkan aplikasi berbasis web bernama Hoax Analyzer. Tujuannya untuk memerangi penyebaran berita palsu atau sering disebut hoax. Aplikasi berbasis web ini menggunakan sistem cerdas (NLP dan Machine Learning) untuk melakukan analisis dari tautan website yang ditemui di internet, untuk memverifikasi dan menghasilkan simpulan apakah informasi tersebut fakta atau hoax.

Menjadi juara umum otomatis tim dari Indonesia menggaet tiket untuk mengikuti ajang final global Imagine Cup yang akan diadakan di Seattle pada bulan Juli mendatang. Dari Asia Tenggara, tim Indonesia akan ditemani oleh tim HeartSound dari Singapura dan tim Opticode dari Filipina.

Tim dari Singapura mengembangkan perangkat cerdas menggabungkan stetoskop dengan mesin elektrokardiografi untuk melakukan pemantauan detak jantung secara nirkabel. Sedangkan tim dari Filipina mengembangkan Minverva, sebuah aplikasi virtual assitant untuk mengidentifikasi objek di dunia nyata.

Pada kompetisi final nanti, sebanyak 50 tim dari seluruh dunia akan dipertemukan, bersaing mendapatkan hadiah uang tunai lebih dari 1 miliar rupiah, dan kesempatan mendapatkan bimbingan dari CEO Microsoft Satya Nadella.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again