Categories

MARKETING

Langkah Membuat Judul Email yang Menarik untuk Marketing

Sebagai pemicu agar email dibaca oleh audiens

Prilita Kamalia - 9 July 2020

Judul email atau subyek email yang menarik merupakan salah satu pemicu audiens mau membuka email yang Anda kirim. Seperti hal nya pada sebuah artikel, jika judul atau headline-nya menarik, pembaca akan tergerak untuk membaca lebih dalam lagi. Sebaliknya, jika judul yang ditulis tidak menarik, maka akan menjadi kendala, apalagi bagi Anda yang baru terjun di dunia email marketing.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk kegiatan email marketing, salah satu komponen pentingnya yaitu judul atau subyek email. Judul email memberikan first impression kepada audiens, bahkan sebelum mereka mulai membaca isi dari email Anda.

Berikut adalah langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuat judul email yang menarik:

Sesuaikan dengan Interest Target Market

Hal mendasar untuk hasil pemasaran yang maksimal adalah dengan memastikan bahwa Anda membidik target pasar yang tepat. Dengan proses yang tepat sasaran, maka akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan brand awareness. Anda bisa melakukannya melalui pendekatan interest.

Ketika membuat judul email, hal ini juga harus diperhatikan. Coba pikirkan, ketika Anda sendiri menerima email marketing yang tidak berhubungan dengan diri Anda sama sekali. Anda pun pasti akan melewatkannya begitu saja dan beralih untuk membaca email masuk yang lain. Berbeda jika di judul tersebut tertulis hal-hal yang menyinggung minat Anda.

Pendekatan Personal Menggunakan Nama Penerima

Menulis nama penerima untuk email marketing
Menuliskan nama penerima sebagai upaya untuk pendekatan personal

Tidak jarang Anda menjumpai email masuk yang menyebutkan nama Anda. Ini adalah salah satu langkah untuk membuat judul email marketing yang bisa Anda coba. Beberapa perusahaan telah melakukan hal ini untuk membangun kedekatan dengan subscriber mereka. Email yang bersifat personal seperti ini membuat pembacanya dihargai dan diperhatikan sehingga besar kemungkinan untuk dibaca.

Numbers look good

Percaya atau tidak, penulisan judul dengan menggunakan angka jauh lebih diminati daripada jika hanya menggunakan teks biasa. Coba Anda amati, antara judul misalkan “10 Tool Email Automation Murah untuk Startup” dengan “Email Automation Murah yang Bisa Digunakan” mana yang menurut Anda lebih membuat penasaran untuk dibaca? Pastinya judul yang pertama, bukan? Tidak heran jika Anda menemui banyak artikel di luar sana yang memanfaatkan cara penulisan seperti ini untuk mendapatkan perhatian audiens

Begitu juga dengan penulisan judul pada email pemasaran Anda. Misalnya “6 Langkah Mudah Memulai Email Marketing“. Judul yang seperti ini akan membuat orang penasaran untuk membuka email tersebut, khususnya bagi mereka yang memang tertarik dan bekerja di bidang ini. Email Anda pun akan dibaca hingga akhir. Namun ingat, Anda benar-benar harus memberikan informasi yang berguna sesuai dengan jumlah angka yang telah Anda sebutkan tadi. Perhatikan juga jumlah angkanya, jangan terlalu banyak karena akan membuat informasi anda tidak langsung pada intinya.

Judul Dalam Bentuk Pertanyaan

Selain menggunakan angka untuk membuat audiens penasaran dan membuka email, Anda bisa menggunakan bentuk kalimat tanya pada judul. Biasanya ketika Anda ditanya oleh seseorang mengenai bisnis Anda, secara tidak sadar Anda akan berpikir untuk menjawabnya, bukan? Hal ini cukup menarik perhatian Anda. Begitu pula ketika Anda membaca email.

Membuat judul email dalam bentuk pertanyaan
Membuat judul dalam bentuk pertanyaan

Judul email yang berupa pertanyaan cukup menarik. Berikan pertanyaan yang relevan terkait minat dan hal-hal yang ingin Anda sampaikan. Misalkan jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa layanan otomasi email dan ingin menawarkannya pada audiens, Anda bisa saja menggunakan judul “Sejauh Mana Email Marketing Mempengaruhi Pemasaran?” di judul email Anda. Tentunya pertanyaan juga harus disesuaikan dengan target audiens agar tepat sasaran.

Tekankan Pada Urgensi

Email yang berisi penekanan urgensi ini biasanya efektif digunakan untuk penawaran diskon. Siapa yang tidak suka diskon? Hampir setiap orang suka dengan yang namanya diskon. Tetapi hal ini juga tergantung besarnya potongan harga yang ditawarkan. Semakin besar diskonnya, semakin besar kemungkinan audiens membuka emailnya. Judul email dengan menekankan kalimat yang mengajak orang untuk beraksi juga menjadi cara ampuh marketing. Contohnya dengan judul seperti ini  “Hanya Hari Ini, Nikmati Diskon Spesial Khusus Untuk Subscriber”.

Penekanan urgensi pada judul email seperti itu akan membuat seseorang terburu-buru untuk segera melihat tawaran tersebut. Alhasil, para audiens pun akan segera membuka email marketing dari Anda. Apa lagi jika yang Anda tawarkan berkaitan dengan minat mereka. Untuk itu, penting agar Anda membidik sasaran terlebih dahulu dalam mengirim email marketing.

Tips lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan untuk judul email marketing yakni jangan lupa untuk membuat konten email yang bermanfaat bagi audiens. Bisa dengan memberikan tips yang berguna. Tentu saja, Anda harus tetap memperhatikan porsi teksnya, agar tidak terlalu banyak dan berbelit-belit, gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas dan tetap bisa memikat audiens.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter