Categories

Berita

Jumlah Jam Kerja di Situs oDesk: 1 Juta Jam Kerja Perbulan

Wiku Baskoro - 8 September 2010

Layanan online marketplace untuk para pekerja paruh waktu dan freelanceoDesk, mencapai tonggak sejarah baru, selama bulan Agustus kemarin jumlah jam kerja dari total pekerjaan yang terjadi di situs mereka mencapai 1 juta jam kerja.

Seperti yang dituliskan pada blog resmi mereka, jumlah ini memberikan data pertumbuhan sebesar 118% dalam jumlah jam kerja di periode yang sama tahun lalu.

oDesk merupakan sebuah tempat atau marketplace dimana pencari kerja dan pemberi kerja bisa saling menawarkan jasa mereka, pemberi kerja menawarkan pekerjaan serta pencari kerja menawarkan keahlian mereka yang disesuaikan dengan tawaran dari pemberi kerja.

Seperti yang dituliskan TechCrunch, saat ini jumlah pekerjaonline yang ada di oDesk sekitar 215.000 pekerja serta jumlah kontraktor/pemberi kerja sekitar 720.000 kontraktor. Sedangkan tiga ranking pertama keahlian pekerjaan yang ada di oDesk antara lain PHP, Adobe Photoshop dan HTML. Tiga pekerjaan paling populer di oDesk adalah Web Programming, Web Design, dan Blog Article Writing.

Untuk lima negara yang paling banyak menyumbangkan jumlah pekerja, antara lain Filipina, India, U.S., Pakistan dan Bangladesh. Anda bisa melihat laporan lengkap dari oDesk di tautan ini.

Situs marketplace untuk pekerja freelance seperti oDesk memang bukan satu-satunya, ada banyak pilihan bagi para pekerja freelance yang ingin menawarkan jasa mereka, termasuk juga para freelancer dari Indonesia, seperti Freelance.com, Elance.com, dll. Beberapa studio desain lokal yang kemudian mendirikan atau membangun startup dan menawarkan aplikasi buatan lokal juga ada yang tumbuh dan berkembang diawali dengan melakukan penawaran kerja di situs seperti oDesk.

Seiring trend pertumbuhan pengguna internet, aplikasi internet serta teknologi yang berbasis web, situs penawaran kerja via internet seperti oDesk akan terus berkembang, salah satu faktornya adalah, untuk berbagai pekerjaan dan keahlian bisa dikerjakan dengan maksimal tanpa terpatok oleh wilayah geografis.

Anda salah satu pengguna oDesk? Bagaimana pendapat Anda tentang pencapaian 'rekor' baru oDesk ini? Bagaimana pendapat Anda tentang situs online marketplace untuk para pekerja freelance seperti oDesk ini? Pendapat Anda kami tunggu pada kolom komentar.

&

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter