24 October 2013

by DailySocial

Jumlah Pengguna Aktif WhatsApp Mencapai 350 Juta Per Bulan

Ajang Nokia World yang digelar di Abu Dhabi memang banyak menghadirkan kisah dan kabar pengembangan serta rilisan terbaru yang hadir tak hanya dari sisi Nokia dengan Windows Phone-nya saja, namun juga dari sisi berbagai pengembang aplikasi-aplikasi mobile populer. Seperti halnya yang dilakukan olehWhatsApp, aplikasi mobile messaging ini mengambil kesempatan untuk mengungkapkan jumlah terbaru pengguna aktif per bulannya.

Jan Koum, CEO WhatsApp, di Nokia World hari Selasa (22/10) mengatakan bahwa layanannya kini telah mencapai 350 juta pengguna aktif tiap bulannya yang tersebar di seluruh dunia. Angka yang cukup fantastis tersebut hanya diperoleh secara mudah dalam kurun waktu dua bulan saja, setelah pada Agustus kemarin WhatsApp mengatakan telah mendapat 300 juta pengguna aktif per bulan. Peningkatan sebanyak 50 juta hanya dalam waktu dua bulan ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup mengesankan.

Koum juga mengutarakan fakta lain yang tentu tak kalah menarik. Setiap harinya WhatsApp mendapat tambahan registrasi sebanyak 250.000 pengguna melalui perangkat Nokia. Angka tersebut tak hanya datang dari pengguna Nokia berbasis Windows Phone saja, namun juga berasal dari perangkat Symbian dan juga Asha.

Pencapaian yang diperoleh oleh WhatsApp ini jelas mampu memberikan perlawanan yang cukup kuat dari pesaing lainnya yang menyediakan layanan serupa dari daratan Asia seperti Line, KakaoTalk, WeChat, dan lain sebagainya. Selain itu WhatsApp juga mampu mengungguli platform jejaring sosial Instagram yang “hanya” mampu mengumpulkan 150 juta pelanggan aktif tiap bulannya dan bahkan lebih dari Twitter yang memiliki 213 juta pengguna aktif per bulan.

Sebagai aplikasi penyedia layanan mobile messaging, siapa yang tak kenal dengan kehebatan WhatsApp dalam mengakomodir trafik pesan yang mencapai 31 milyar pesan setiap harinya dengan rincian 11 milyar pesan dikirim dari pengguna, dan 20 milyar yang diterima.

Dengan fakta terbaru yang diungkap oleh WhatsApp tentu bisa dibilang menjadi hal yang mampu membuat WhatsApp semakin memantapkan posisi sebagai salah satu pemain layanan mobile messaging terbesar di seluruh dunia. Apakah angka perolehan tersebut akan dilibas oleh pesaingnya atau malah justru akan bertambah banyak?

[ilustrasi foto dari Shutterstock]


Artikel sindikasi ini dimuat pertamakali di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro.