21 December 2021

by Glenn Kaonang

The Game Awards 2021 Kembali Cetak Rekor Jumlah Penonton Baru

Sekitar 85 juta orang menonton siaran langsung The Game Awards 2021, dan lebih dari 1,75 juta jam dihabiskan di channel The Game Awards sendiri

Sejak pertama kali dihelat di tahun 2014, ajang The Game Awards terus memecahkan rekor fenomenal setiap tahunnya. Puncaknya adalah tahun lalu, tepatnya ketika acaranya terpaksa digelar sepenuhnya secara virtual. Namun ternyata jumlah penontonnya malah naik hampir dua kali lipat menjadi 83 juta orang.

Tahun ini, The Game Awards kembali digelar secara fisik di Microsoft Theater di kota Los Angeles, dan jumlah penonton online-nya pun kembali terpecahkan (meski tidak sedrastis lompatan sebelumnya): sebanyak 85 juta orang menonton acaranya yang ditayangkan secara langsung melalui lebih dari 30 jaringan digital seperti YouTube, Twitch, Twitter, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya.

Melalui sebuah siaran pers, pihak penyelenggara The Game Awards mengatakan bahwa ada sekitar 1,6 juta cuitan mengenai event tersebut di Twitter selama 2021. Selama delapan tahun berturut-turut, The Game Awards selalu sempat menjadi trending topic global nomor satu, dan tahun ini pun tidak terkecuali.

Selain mencetak rekor audiens baru, The Game Awards juga mencatatkan rekor watch time baru tahun ini, dengan lebih dari 1,75 juta jam watch time di channel The Game Awards sendiri, tidak termasuk siaran yang ditayangkan channel-channel lain. Angka tersebut naik 14% jika dibandingkan acara tahun kemarin. Partisipasi publik pun juga ikut meningkat 27%, dan tercatat ada lebih dari 23,2 juta suara yang dipungut sejak nominasi pemenang-pemenang penghargaannya diumumkan.

The Game Awards 2021 menghadirkan 30 kategori nominasi, termasuk beberapa kategori baru yang cukup menarik seperti Games for Impact dan Innovation in Accessibility. Untuk kategori Game of the Year, pemenangnya tahun ini adalah It Takes Two garapan Hazelight Studios. Anda bisa melihat daftar lengkap pemenang-pemenangnya di artikel berikut.

Di samping memberi penghargaan buat game-game terbaik, The Game Awards juga selalu ditunggu berkat sederet trailer game baru yang disajikannya. Tahun ini, ada beberapa kejutan yang tak disangka seperti Wonder Woman karya Monolith Productions, sekuel dari Warhammer 40.000: Space Marine, dan Alan Wake 2. Selengkapnya, Anda bisa menonton rangkuman 25 trailer game baru yang diumumkan di The Game Awards 2021 pada artikel ini.

Sumber: Game Informer.