13 January 2014

by Yoga Wisesa

June, Gelang 'Kecantikan' Canggih yang Mengukur Pemaparan Radiasi Matahari di Kulit

Menguak rahasia kecantikan dan umur muda adalah dua hal yang selalu menjadi obsesi manusia. Kita menghabiskan banyak waktu dan banyak biaya untuk melakukan riset dan memperlambat penuaan. Akhirnya kita sadar satu hal: matahari yang menjadi sumber kehidupan triliunan organisme di bumi, ternyata terbukti membunuh kita perlahan-lahan...

Tentu saja tanpa terkena cahaya matahari, tubuh tidak akan tumbuh sehat dan tulang Anda akan cepat rapuh. Namun pemaparan radiasi dan cahaya matahari yang berlebihanlah yang berbahaya untuk kita. Lalu bagaimana kita mengukur bahwa kita sudah mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan tidak terekspos radiasi ultraviolet secara berlebihan? Netatmo, perusahaan yang mahir dalam membuat stasiun cuaca, merancang sebuah gelang pengukur cahaya matahari. Mereka memanggilnya dengan nama June.

 

Info menarik: Konsep Ponsel Modular A la ZTE

 

Diluncurkan di Consumer Electronics Show 2014 minggu lalu, gelang June ini menghitung jumlah sinar UV yang diterima sensor pada bagian 'permata'-nya. Ia akan terhubung dengan smartphone dan Anda mendapatkan informasi dengan mengakses aplikasinya. Untuk mendapatkan info lebih detail, aplikasi ini akan memberikan kuesioner pribadi sebagai database. Aplikasi tersebut bahkan akan menanya apa jenis kulit Anda.

Aplikasi ini juga dibuat oleh Netatmo dan sejauh dari informasi yang saya baca, aplikasi ini baru tersedia untuk platform iOS. Selain mengukur tingkat sinar ultraviolet, June dan aplikssinya dapat memperkirakan kondisi cahaya matahari dalam beberapa hari ke depan, serta akan memberitahu Anda kapan ia akan bersinar dengan 'ganas'. Kemampuan ini sempurna untuk mempermudah pengguna dalam mengatur jadwal olahraga, berjemur hingga menentukan waktu jogging yang sempurna.

Netatmo bekerja sama dengan desainer Louis Vuitton dan Camille Toupet dalam merancang June. Nah, di sini muncul 'kabar buruk' bagi pria: sejauh ini June hanya dibuat untuk para pengguna perempuan, kecuali jika Anda tidak merasa keberatan mengenakan gelang 'cantik' di lengan.

 

Info menarik: Yellow Jacket, Case Smartphone Dengan Stun Gun Bertegangan 650.000 Volt

 

Walaupun sebenarnya banyak device dengan kemampuan sejenis, para penciptanya mengklaim bahwa June merupakan perangkat pengukur cahaya matahari yang juga memiliki fungsi fashion serta dirancang oleh ahli perhiasan. Ia disajikan dengan tiga pilihan warna (sekali lagi, feminim): platina, emas dan warna kelabu yang mereka sebut dengan nama gunmetal.

June ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, hanya US$ 99. Sayangnya ia baru dirilis di wilayah Amerika Serikat saja, bahkan June belum beredar di negara-negara Eropa seperti Inggris dan Prancis yang biasanya menjadi target pasar utama barang-barang 'mewah'.

Walaupun terjangkau dan bermanfaat, menurut opini saya, membawa payung adalah alternatif yang murah dan efektif melawan sinar ultraviolet - jika Anda tidak keberatan untuk sedikit repot. Lagi pula June tidak bisa membantu banyak jika langit memutuskan untuk berubah gelap dan mengguyur Anda dengan hujan deras...

Untuk info lebih lengkapnya, silakan kunjungi Netatmo.com. Dan di bawah ini video presentasinya.

Via DailyMail.co.uk.