Categories

Berita

Jurnal Peroleh Seed Funding dari East Ventures

Jurnal adalah layanan akuntansi B2B berbasis cloud yang fokus untuk klien UKM

Amir Karimuddin - 2 March 2015

Ilustrasi Pencatatan Transaksi / Shutterstock

Layanan akuntansi berbasis cloudJurnal mengumumkan perolehan seed funding yang tidak diumumkan jumlahnya dari East Ventures. Pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan produk dan memperbesar anggota tim. Jurnal berharap tahun ini bisa membantu 5000 pemilik bisnis untuk mengurusi kegiatan akuntansinya hingga akhir tahun ini.

Didirikan oleh Daniel Witono dan Anthony Kosasih, Jurnal sendiri telah diluncurkan secara public beta di bulan Januari 2015 dan telah memiliki 20 klien, yang terdiri dari pedagang, importir, pengusaha restoran, dan pemilik toko online. Jurnal menawarkan kemudahan percobaan 90 hari secara gratis, berikutnya memberikan dua opsi berlangganan, Starter yang bernilai Rp 149 ribu per bulan dan Pro yang bernilai Rp 279 ribu per bulan.

Isu yang diangkat untuk pengguna UKM adalah keterbatasan dana yang mereka miliki untuk menggaji akuntan dan membeli piranti lunak akuntansi khusus. Jurnal diharapkan bisa membantu UKM untuk menggunakan akuntan yang di-outsource dan melengkapinya dengan sistem berbasis cloud yang bisa diakses dari berbagai perangkat dan di mana saja. Jurnal mengklaim produknya bisa diakses dengan baik menggunakan browser apapun, termasuk desktop, smartphone, dan tablet.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dalam rilisnya tentang investasi ini mengatakan, “Salah satu pilar kunci perkembangan ekonomi Indonesia adalah bisnis UKM. Dengan teknologi ini, Jurnal akan membantu dan mengakselerasi UKM Indonesia untuk mencapai efisiensi di level yang berbeda. Daniel dan Anthony telah menunjukkan passion yang kuat dan komitmen untuk mewujudkan hal ini.”

Sebenarnya tidak cuma Jurnal yang menyasar segmen ini. Ada layanan Akunting Mudah yang kurang lebih memiliki layanan serupa dan saat ini diinkubasi dalam program Indigo Incubator milik Telkom. Akunting Mudah juga memiliki paket bulanan yang lebih bervariasi dan murah. Ada pula Online Pajak yang meskipun lebih fokus ke penghitungan pajak tetapi juga sekaligus membantu melakukan pencatatan transaksi.

Siapa yang sukses dalam segmen ini adalah mereka yang mampu menghadirkan solusi pencatatan dan pelaporan, termasuk pembuatan laporan pajak, yang paling sesuai kebutuhan untuk berbagai bidang usaha.

Co-Founder Jurnal Anthony Kosasih menambahkan, “Pemilik selalu ingin tahu seperti apa kondisi bisnis mereka untuk membuat keputusan yang cerdas, tetapi kebanyakan dari mereka tidak memiliki kapabilitas atau waktu untuk menyiapkan laporannya. Jika terjangkau, pekerjaan akuntan yang di-outsource dan dilengkapi dengan perangkat yang tepat bisa membantu mereka melakukannya.”

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter