Coworking space asal Singapura, JustCo, mengumumkan kehadirannya di Indonesia dengan mendirikan coworking space di tiga lokasi di Jakarta. Kepada DailySocial, Senior Marketing Communications Manager JustCoGlobal Sharon Wong mengungkapkan, dipilihnya Indonesia sebagai lokasi terbaru JustCo merupakan bagian ekspansi JustCo di Asia Tenggara.

“Bukan hanya di Jakarta saja, nantinya JustCo juga memiliki rencana untuk hadir di kota-kota besar lainnya di Indonesia,” kata Sharon.

Tiga lokasi yang menjadi pilihan JustCo nantinya terletak di The Plaza, AIA Central, dan Sequis Tower. Pembukaan dimulai bulan Agustus 2018 lanjut hingga bulan Oktober 2018.

Joint venture dengan Gunung Sewu

Untuk memperkuat posisi JustCo di Indonesia, kerja sama strategis juga sudah terjalin dengan salah satu grup perusahaan di Indonesia, Gunung Sewu. Kolaborasi joint venture tersebut menempatkan JustCo coworking space di gedung Sequish Tower, yang dimiliki Gunung Sewu Group.

Disinggung berapa besaran investasi dari joint venture dengan Gunung Sewu, Sharon enggan untuk menyebutkan. Namun secara keseluruhan, JustCo mengambil sekitar 65% equity sharing sementara Gunung Sewu memiliki 35% kepemilikan.

Sebelumnya JustCo baru saja mengantongi pendanaan Series B dari perusahaan properti terbesar Thailand, Sansiri. Pendanaan tersebut menempatkan nilai valuasi pasar JustCo menjadi $200 juta.

“Pendanaan tersebut akan kita fokuskan untuk ekspansi di Bangkok, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh City, Manila, termasuk Indonesia,” kata Sharon.

Untuk memperluas jaringan yang ada di komunitas JustCo, tidak hanya mengundang berbagai kategori startup, JustCo juga mengundang perusahaan multinasiona untuk bergabung dengan JustCo. Ragam pilihan tersebut diklaim membedakan JustCo dengan komunitas coworking space lainnya saat ini.

“Dengan menerapkan konsep coworking, kami ingin menyatukan berbagai individu dan bisnis dari latar belakang yang berbeda. Hal tersebut memungkinkan mereka untuk mendapatkan kesempatan, interaksi dan kolaborasi,” kata Sharon.

Secara khusus JustCo tidak memilih kategori startup seperti apa yang bisa bergabung. Startup yang menyasar kesehatan, layanan profesional, gaya hidup, ritel, dan lainnya, disambut baik kehadirannya.

Target JustCo

Tidak hanya kawasan Asia Tenggara, JustCo juga memiliki rencana untuk melakukan ekspansi ke pasar lainnya. Di antaranya adalah Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Korea, Jepang, Australia dan India.

“Dengan investasi yang dimiliki sebesar $177 juta, JustCo ingin mengembangkan platform di seluruh Asia. Bersama tiga partner JustCo (sovereign wealth fund GIC, multinational property company Frasers Property Limited) memungkinkan JustCo untuk mewujudkan rencana tersebut, ” kata Sharon.

Kehadiran JustCo tahun ini berbarengan dengan rencana startup coworking space Amerika Serikat WeWork yang bakal meresmikan coworking space mereka di Jakarta.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.