Categories

Interview

Kabar Bitcoin di Indonesia dan Peluangnya Sebagai Komoditas Investasi

Kami berbincang dengan CEO BitX Marcus Swanepoel untuk mengetahui update terbaru tentang Bitcoin di Indonesia

Amir Karimuddin - 3 August 2016

Bitcoin. Mata uang digital ini sempat marak beberapa tahun terakhir, meskipun gaungnya mulai mereda akhir-akhir ini. Sempat membuat waswas karena Bank Indonesia, sebagai bank sentral, tidak mendukung penggunaan Bitcoin sebagai alat transaksi pembayaran yang sah, penggiat Bitcoin "banting setir" dengan memperkenalkan Bitcoin sebagai sebuah komoditas investasi di tengah kondisi perekonomian global yang tak kunjung membaik.

Kami berkesempatan mewawancarai CEO BitX Marcus Swanepoel untuk mengetahui lebih banyak soal perkemabngan Bitcoin di Indonesia tahun ini, bagaimana persepsi masyarakat umum, dan bagaimana cara BitX melakukan sosialisasi terhadap pemanfaatan Bitcoin sebagai sebuah komoditas.

Tanya (T): Ini sudah pertengahan tahun 2016, tapi kami jarang mendengar tentang Bitcoin di Indonesia saat ini. Bisa Anda jelaskan tentang keadaan Bitcoin di Indonesia di tahun 2016? Ceritakan lebih lanjut mengenai statistik pengguna Bitcoin di Indonesia.

Secara global, Bitcoin mendapatkan peningkatkan popularitas dan di Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Jepang yang telah menjadi pendahulu dalam peraturan dan adopsi Bitcoin. Kami melihat hal yang sama untuk Indonesia. Secara umum, transaksi Bitcoin di jaringan kami telah meningkat 140% dalam satu tahun terakhir.

Tahun ini, sejumlah faktor berperan dalam kenaikan harga Bitcoin yang signifikan. Faktor pentingnya adalah:

  • Cakupan media yang lebih fokus terhadap keuntungan dan manfaat Bitcoin daripada resikonya
  • Pemahaman yang lebih baik dari konsumen dan peningkatkan minat terhadap Bitcoin
  • Kepastian regulasi (seperti di Jepang, Amerika Serikat, Uni Eropa)
  • Ada minat dari badan institusi (long term or uncorrelated investment)
  • Ketidakpastian ekonomi yang luas di seluruh dunia.

Banyak orang mulai mengeksplorasi Bitcoin sebagai alternatif aset yang aman untuk dimiliki. Hal ini terjadi karena return tidaklah berkorelasi dan performa Bitcoin jauh lebih baik dibandingkan mata uang lainnya dalam beberapa tahun terakhir.

Performa Bitcoin sangat baik dibanding mata uang utama dunia dalam 7 tahun terakhir / Pantera Capital

Di Indonesia, use case-nya tidak jauh berbeda. Orang ingin memiliki Bitcoin sebagai aset yang tidak berkorelasi dengan kemungkinan menjadi investasi yang berpotensi besar. Apa yang kita amati di sejumlah market dunia adalah minat yang kuat terhadap Bitcoin dari badan institusi dan kami mengharapkan hal yang sama terjadi di Indonesia.

Sejumlah private wealth managers dan hedge funds menghubungi kami ingin membeli Bitcoin untuk pelanggan mereka dan bertujuan untuk mempunyai Bitcoin dalam aset mereka. BitX telah bekerja sama dengan beberapa klien tersebut untuk membantu menjalankan investasi ini bagi pelanggan mereka. Mereka sudah mempercayai kami karena segi keamanan kami yang sangat handal.

Korelasi pergerakan Bitcoin terhadap komoditas lain. Bitcoin relatif tak terpengaruh terhadap volatilitas pasar saham, harga minyak, harga emas, atau performa real estate di Amerika Serikat / ARK Investment LLC and Coinbase

Di BitX, kami melihat pertumbuhan yang sangat baik sejak peluncuran kami. Basis pelanggan kami meningkat 10 kali lipat dalam beberapa bulan terakhir dan kita tumbuh sangat cepat. Kami berinvestasi lebih banyak lagi di sini melalui edukasi pasar, merekrut customer support yang berbahasa Indonesia, melokalisasi produk kami, dan juga kami baru saja membuka kantor baru kami di Jakarta.

T: BitX menempatkan dirinya sebagai "bank" untuk menyimpan Bitcoin sebagai "investasi komoditas". Apakah Anda berpikir bahwa cara ini adalah yang paling tepat untuk mempromosikan Bitcoin untuk masyarakat umum, terutama di Indonesia?

Di BitX, tujuan kami adalah untuk mempermudah bagi orang untuk membeli ataupun menjual Bitcoin dan menyimpannya dengan aman. Pada tahap ini membeli Bitcoin sebagai investasi adalah contoh dari salah satu use case Bitcoin dan dengan melakukan itu secara otomatis orang-orang tersebut mempelajari lebih lanjut tentang sistem keuangan yang baru ini.

Setelah cukup banyak orang memiliki Bitcoin, commerce menjadi lebih mudah dan mulus. Sudah kita amati bahwa sejumlah orang menggunakan Bitcoin untuk perdagangan, mengirim ke teman-teman mereka, dan lain-lain. Bitcoin berada pada tahap yang sangat awal dalam evolusinya, mirip pada saat internet di tahun 1992-93. Oleh karena itu, berinvestasi di Bitcoin pada tahap awal seperti ini adalah seperti 'investasi' di internet pada tahun awal-awal tersebut.

Aspek lainnya yang penting ketika berbicara tentang Bitcoin adalah dari segi keamanannya. Ini adalah hal yang BitX anggap sangat serius. Sebagian besar dana nasabah kami disimpan dalam kunci yang disimpan aman di brankas bank di dalam safety deposit box. Kami menyebut sistem penyimpanan ini "deep freeze" dan kami kembangkan ini sebagai proyek pertama kami kala membangun produk Bitcoin berkelas perbankan pertama di dunia.

Dana deep freeze kami sengaja sulit diakses, sehingga untuk dana operasi sehari-hari disimpan dalam sistem gabungan menggunakan penyimpanan offline cold storage dan online hot wallet. Hal ini memungkinkan kita untuk memastikan kita selalu memiliki Bitcoin tersedia untuk kebutuhan sehari-hari.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang keamanan Bitcoin, kami selalu mendesak semua pemakai Bitcoin untuk pertanyakan kepada provider bagaimana mereka menyimpan Bitcoin Anda:

  • Apakah Anda percaya provider yang menyimpan Bitcoin Anda?
  • Apakah mereka memahami dan menerapkan secure key storage?
  • Apakah mereka memiliki 2-factor authentication yang aman atau terintegrasi dengan mitra keamanan?
  • Apakah mereka menjalani audit keuangan dan keamanan secara reguler?

T: BitX baru-baru ini menjalin kerja sama dengan Doku untuk mempermudah membeli dan menjual bitcoin. Beritahu kami tentang kerja sama ini, seperti apa metode pembayaran yang ada, dan bagaimana reaksi pengguna sejauh ini?

Tujuan kami adalah untuk membantu orang membeli Bitcoin semudah mungkin. Kerja sama kami dengan Doku adalah langkah ke arah tersebut. Melalui kerja sama ini, pengguna kami dapat mendanai akun mereka dengan menyetorkan uang tunai di Alfamart di seluruh negeri, BCA Klikpay, transfer via ATM, atau Doku Wallet. Kami telah menerima respon yang bagus sejauh ini, karena ini memberikan pengguna kami pilihan untuk mendanai akunnya lebih mudah dan siap setiap saat.

T: Apa saja yang BitX ingin lakukan tahun ini untuk mempromosikan Bitcoin. Ada kerja sama apa yang telah dibuat (dan akan dibuat)?

Indonesia merupakan target prioritas bagi kami dan memiliki beberapa area yang kuat untuk mengembangkan bisnis kami di sini. Kami sangat percaya kami memiliki produk terbaik di pasar ini dan itu adalah hasil dari tim berkelas dunia kami, teknologi terbaik, dan faktanya bahwa kami didukung oleh investor terkemuka di mancanegara dan di Indonesia.

Investor utama kami adalah Naspers. Mereka telah berinvestasi di Tencent, Flipkart, OLX dan banyak perusahaan lainnya. Investor utama kami di Indonesia adalah Venturra Capital, venture fund berbasis di Jakarta yang fokus di Asia Tenggara dengan dana US$150 juta, dan juga investor kami lainnya adalah Digital Currency Group (DCG) yang dijalankan oleh Barry Silbert, bisa dibilang investor Bitcoin/Blockchain yang paling produktif, dia berbasis di New York. DCG juga berkecimpung di Coinbase, Circle, Kraken, Ripple, dan banyak lainnya.

Didukung oleh investor terkemuka seperti mereka berarti kami berada dalam bisnis ini untuk jangka panjang, memiliki sumber daya untuk merekrut talenta bakat berkelas dunia dan membangun produk terbaik, dan memastikan kami melakukan audit keamanan yang reguler. Ini juga berarti kita mampu membawa gabungan yang kuat dari kedua investor berbeda dari internasional dan lokal, dan memperluas tim yang kuat yang mencakup bakat internasional dari oran-gorang seperti Google, Amazon dan Standard Chartered, dan beberapa bakat lokal terkemuka di Indonesia.

Volatilitas Bitcoin sempat membuat calon investor menjadi waswas / Flickr - Fabian Figueredo

Secara umum, kami selalu fokus mendidik market kami tentang Bitcoin. Kami memiliki beberapa acara pada bulan Mei tahun ini dan berencana untuk mengatur acara lainnya dalam waktu dekat. Ada peluang besar untuk mendidik market yang lebih luas (non-tech dan early adopters) melalui pers mainstream Indonesia, seperti yang telah kita lakukan di market lainnya.

Salah satu area besar yang kami ingin fokus dalam hal komunikasi dan pendidikan adalah sekitar keamanan Bitcoin. Sebagian besar pengguna Bitcoin tidak sepenuhnya menyadari betapa pentingnya menyimpan Bitcoin yang aman dan berbagai metode yang dapat digunakan.

Kami berencana untuk menyoroti aspek keamanan melalui sejumlah inisiatif tahun ini. Kami ingin pengguna Indonesia lebih terdidik mengenai keamanan Bitcoin dan memeriksa kembali dengan provider layanan mereka mengenai metode keamanan yang digunakan oleh mereka.

Pembeda besar lainnya adalah fokus kami pada aplikasi mobile. Tim engineering kami terdiri dari beberapa developer terbaik Android dan iOS dan ini mencerminkan dalam kualitas aplikasi kami. Fokus kami pada aplikasi mobile ini untuk membuatnya sangat relevan bagi pengguna dan oleh karena itu kami menyebutnya 'Smart Wallet'.

Kami bisa melakukan beberapa hal yang menarik dan pintar sebagai hasil dari desain kami. Misalnya, kami bekerja sama dengan beberapa merchant untuk co-marketing kampanye dengan mempromosikan kartu "deal of the day" dan menampilkan produk yang dipromosikan dan mendorong pengguna untuk membayarnya menggunakan Bitcoin. Kartu ini muncul di feed pengguna di dalam aplikasi dan dapat diklik untuk masuk lebih dalam atau digeser jika tidak tertarik. Aplikasi mobile ini memungkinkan trader untuk jual/beli Bitcoin langsung di dalam aplikasi BitX.

Anda bisa amati kami telah bekerja sama dengan bisnis di bagian dunia lainnya termasuk platform pembayaran dan merchant, untuk memungkinkan orang untuk membayar dengan Bitcoin, Anda dapat mengharapkan hal yang sama akan terjadi di Indonesia di beberapa bulan mendatang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter