Categories

Gadget

Kacamata CTRL XC Dapat Menyesuaikan Warna Lensa dengan Kondisi Cahaya Secara Otomatis

Meneruskan jejak CTRL One dengan desain baru yang lebih tahan banting sekaligus menarik

Glenn Kaonang - 1 August 2016

Satu kacamata hitam untuk berbagai kondisi; bagi kita hal ini masuk akal saja, namun tidak untuk atlet profesional. Para pesepeda misalnya, mereka harus membawa kacamata hitam yang sesuai dengan kondisi pencahayaan di lokasi. Kalau di siang bolong, kacamata yang diandalkan adalah yang warna lensanya cukup gelap, sedangkan kacamata berlensa bening dibutuhkan saat matahari terbenam.

Itulah mengapa kacamata unik bernama CTRL One sempat menjadi buah bibir tahun lalu. Sejak peluncurannya, CTRL Eyewear selaku pengembangnya telah menerima banyak masukan dari pengguna dan kini siap untuk memperkenalkan penerusnya, yaitu CTRL XC.

CTRL XC masih mempertahankan fitur andalan pendahulunya, yakni lensa dengan teknologi e-Tint, dimana warna lensa bisa berganti secara otomatis hanya dalam waktu 0,1 detik. Sebuah sensor cahaya memastikan warna hanya berganti di saat yang dibutuhkan dan tanpa perlu menunggu input dari pengguna.

Saat cahaya di sekitar gelap, lensa CTRL XC akan berubah menjadi jernih, begitu juga sebaliknya / CTRL Eyewear

Jadi dalam skenario awal tadi, lensa CTRL XC akan otomatis menggelap ketika dipakai di siang bolong. Lalu saat matahari mulai terbenam, seketika itu juga lensanya akan berubah warna menjadi jernih sehingga pengguna tak perlu repot-repot melepasnya untuk bisa melihat dengan jelas. Dan yang paling penting, semuanya berlangsung dengan posisi kedua tangan pengguna terus berada di setang sepeda.

Dibandingkan dengan pendahulunya, CTRL XC diklaim lebih tahan banting berkat desain baru yang melibatkan frame berukuran penuh (hingga ke bagian bawah lensa). Di saat yang sama, desainnya juga sengaja dibuat lebih universal sehingga tidak hanya menarik untuk para atlet saja.

Saat ini CTRL XC dipasarkan lewat situs crowdfundingIndiegogo seharga $165. Ia datang bersama sebuah strap, carrying case dan kabel micro USB untuk charging – baterainya sendiri diperkirakan bisa bertahan selama 70 jam dalam satu kali charge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter