14 March 2017

by Yoga Wisesa

Kacamata Eko Glasses Lindungi Mata dan Privasi Anda dari Sistem Pengenal Wajah

Rahasia dari kemampuan unik Eko Glasses terdapat pada lapisan retroreflective di frame-nya.

Seiring dengan semakin canggih dan terkoneksinya perangkat elektronik, ancaman keamanan turut meningkat. Itu sebabnya beberapa tokoh penting seperti Mark Zuckerberg sampai direktur FBI menutup web cam untuk melindungi privasi mereka dari peretas. Sayangnya saat berada di luar, kita tak pernah tahu siapa saja yang mencoba mendokumentasikan gerak-gerik kita.

Umumnya kita memang tidak suka jika orang lain mengambil foto tanpa seizin dan sepengetahuan kita. Tapi tentu saja hal itu tidak bisa dihindari, apalagi tiap smartphone kini mempunyai kemampuan fotografi, ditambah lagi kehadiran kamera-kamera CCTV di sana-sini. Kabar gembiranya, seorang inventor bernama Vadim A. punya solusi sederhana atas masalah ini. Ia memperkenalkan Eko Glasses (ditulis ekō Glasses), yaitu kacamata yang bisa memproteksi mata sekaligus identitas Anda.

Kemampuan unik Eko Glasses tercapai dengan memanfaatkan metode yang sebenarnya cukup umum, memperlihatkan kejeniusan sang desainernya. Eko Glasses memiliki penampilan seperti kacamata hitam normal, efektif melindungi mata dari teriknya matahari, lalu rancangannya juga stylish. Aksesori ini cocok digunakan saat Anda bersepeda, mengendarai mobil, atau ketika berjalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Lalu ketika kamera mencoba merekam atau mengambil foto Anda, yang mereka dapatkan hanyalah cahaya pantulan terang dari frame bagian atas dan tangkai kacamata, sehingga detail wajah Anda tidak terekspos. Rahasia kapabilitas ini terdapat pada lapisan retroreflective di sana - biasa digunakan di jaket-jaket polisi lalu lintas dan cone jalanan. Bahan tersebut tidak membutuhkan pasokan tenaga agar bisa bekerja dan juga tidak mengganggu pengelihatan penggunanya.

Lensanya sendiri menyajikan perlindungan dari radiasi ultraviolet - bersertivikasi UV 400. Dan Anda bisa memilih warna lensa sesuai keinginan. Tim developer menyiapkan empat pilihan: putih kelabu, hitam, biru langit, dan 'tropical sunset'. Frame-nya tak lupa dirancang agar ringan dan nyaman, berdimensi 14x13,4x4,8-sentimeter dengan gap antar lensa seluas 1,9cm dan bobot hanya 30-gram. Lalu karena kemampuan retroreflective hanya diterapkan pada frame, maka Anda bisa mengganti lensa anti-UV dengan lensa resep.

Saat ini Vadim dan tim pengembang sedang melangsungkan kampanye crowdfunding di Kickstarter, menargetkan angka US$ 7.000 agar Eko Glasses bisa masuk ke tahap produksi. Selama kampanye berlangsung, kacamata spesialis privasi ini bisa Anda miliki cukup dengan mengeluarkan uang sebesar US$ 45-50 saja. Jika prosesnya berjalan sesuai rencana, Eko Glasses akan didistribusikan mulai bulan Mei 2017.