Categories

Gadget

Kacamata IRL Bisa Memblokir Hal-Hal yang Tak Perlu Anda Lihat

Bukan sihir, IRL Glasses memanfaatkan lensa horizontal polarized.

Yoga Wisesa - 9 October 2018

Dengan segala macam informasi penting yang disajikan olehnya, layar perangkat elektronik merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Ia memegang peranan penting saat kita bekerja, berkomunikasi, bahkan menjadi elemen krusial penunjang penyajian konten hiburan. Tapi interaksi dengan layar secara konstan tentu punya dampak negatif bagi kesehatan dan keselamatan.

Kita sering kali tergoda untuk melihat layar di situasi yang sebetulnya menuntut kesadaran penuh, misalnya ketika berjalan di tempat umum atau saat berkendara. Jika bagi Anda godaan untuk melihat layar - baik smartphone ataupun iklan digital di pinggir jalan - terlalu berat untuk dilawan, desainer Ivan Cash tengah menggarp solusinya. Lewat situs Kickstarter, inventor asal Oakland itu memperkenalkan IRL Glasses, yaitu kacamata yang bisa memblokir gangguan.

IRL Glasses mempunyai penampilan seperti kacamata hitam biasa, memiliki lebar 140mm dan panjang tangkai 145mm, dengan bingkai trapesium serta lensa berwarna gelap. Namun ada hal istimewa terjadi jika Anda mengenakannya: IRL mampu memblokir konten layar televisi, dan semoga suatu saat nanti, perangkat bergerak. Aksesori ini bekerja tanpa elemen elektronik, namun tetap berbasis sains.

Pembuatan IRL Glasses terinspirasi dari kacamata di film cult classic They Live yang bisa melindungi penggunannya dari iklan. IRL Glasses sendiri mampu memblokir konten layar LCD dan LED berbekal lensa horizontal polarized. Ketika lensa terpolarisasi itu diratakan dan diputar 90 derajat, ia dapat menahan cahaya yang dihasilkan layar agar tidak masuk ke mata kita. Efeknya, dari perspektif pengguna, display terlihat tidak aktif.

Pengembangan IRL Glasses masih terus dilakukan, dan saat ini, produk berada di masa pengujian. Versi 'beta' tersebut mampu menangkal cahaya dari televisi LED serta sejumlah monitor LCD, tapi masih belum bisa memblokir konten smartphone maupun layar yang menggunakan panel OLED. Tentu saja produk ini tak sekadar menawarkan gimmick unik semata. IRL Glasses dibekali lapisan polarisasi TAC 1.1, Cat 3 dan UV 400. Artinya, ia dapat melindungi penglihatan layaknya kacamata hitam.

Walaupun status pengembangannya masih belum rampung, Ivan Cash dan tim IRL Labs siap menerima pemesanan versi beta IRL Glasses via platform crowdfuding Kickstarter. Di sana, produk dijajakan seharga mulai dari US$ 50, lebih murah US$ 30 dari harga retail-nya.

Kampanye penggalangan dana yang dilaksanakan developer berjalan lebih baik dari dugaan. Mereka berhasil mengumpulkan modal dua kali lipat dari target awal. Dengan begitu, IRL Glasses kabarnya siap didistribusikan pada bulan April tahun depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter