1. DScovery

Kaizen: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Metode, dan Tipsnya

Kaizen sangat berguna bagi perusahaan yang perlu meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas kerja mereka. Simak artikel ini untuk mengetahui definisi, manfaat, metode, dan tips Kaizen.

Kaizen dapat diterapkan ke bagian mana pun dari bisnis kamu—mulai dari cara kamu mengatur rapat dan komunikasi, hingga cara kamu menangani layanan pelanggan. Ini semua tentang membuat segalanya lebih baik dan lebih efisien dari waktu ke waktu.

Perusahaan menggunakan kaizen untuk meningkatkan proses mereka dengan mengidentifikasi area di mana mereka bisa lebih efektif atau efisien, kemudian membuat perubahan kecil.

Perubahan ini sering dilakukan pada tingkat individu, tetapi juga dapat diterapkan pada skala yang lebih besar—di pabrik manufaktur misalnya.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai kaizen lebih lanjut.

Definisi Kaizen

Kaizen adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti "perubahan yang baik". Itu juga nama untuk pendekatan peningkatan berkelanjutan yang telah diterapkan oleh bisnis di seluruh dunia.

Dengan kaizen, kamu tidak hanya berfokus pada perubahan kecil yang dapat meningkatkan efisiensi—kamu juga mencari cara untuk membuat perubahan besar dan berarti dalam cara bisnis yang beroperasi.

Kaizen bukan tentang membuat penyesuaian kecil; ini tentang mengubah cara kamu melakukan sesuatu sehingga lebih efisien dan efektif.

Proses kaizen melibatkan identifikasi area di mana ada masalah atau peluang untuk perbaikan, menganalisis masalah dan peluang tersebut, mengembangkan solusi untuknya, menerapkan solusi tersebut, dan kemudian mengevaluasi keefektifannya.

Kamu dapat menerapkan metodologi ini berulang kali hingga bisnis kamu beroperasi dengan peak performance.

Manfaat Kaizen

Manfaat kaizen dalam bisnis dapat bersifat jangka pendek dan jangka panjang.

Jangka pendek, dapat membantu kamu menghemat uang dengan menghilangkan pemborosan dan merampingkan proses. Sedangkan jangka panjang, dapat membantu kamu mengembangkan bisnis dengan meningkatkan layanan pelanggan.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan, yaitu:

Mengidentifikasi Masalah Bisnis

Salah satu manfaat utama kaizen adalah dapat membantu kamu mengidentifikasi masalah dengan proses bisnis sebelum menjadi masalah kritis.

Misalnya, jika kamu menemukan bahwa satu langkah dalam proses produksi menyebabkan penundaan atau masalah lain bagi pelanggan, kamu dapat mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi masalah yang mahal.

Menjadi Lebih Efisien

Manfaat lain dari kaizen adalah membantu kamu menjadi lebih efisien dalam apa yang kamu lakukan.

Dengan mengidentifikasi cara untuk meningkatkan proses kamu dan membuat perubahan tersebut dari waktu ke waktu, kamu akan mendapati diri kamu menyelesaikan lebih banyak dengan lebih sedikit usaha dari waktu ke waktu.

Bisnis Menjadi Lebih Produktif

Kaizen juga membantu bisnis menjadi lebih produktif dengan mendorong karyawan untuk berpikir kritis tentang pekerjaan mereka dan cara mereka melakukannya setiap hari.

Ini berarti bahwa karyawan lebih terlibat dalam pekerjaan mereka karena mereka merasa memberikan pengaruh pada kesuksesan perusahaan melalui kontribusi mereka setiap hari.

Metode Kaizen

Lazimnya, metode SMART adalah cara yang bagus untuk menerapkan kaizen. SMART merupakan singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely.

  1. Specific: Tujuannya harus spesifik. Apa sebenarnya tujuan kamu? Apakah untuk menurunkan berat badan? Untuk meningkatkan layanan pelanggan?
  2. Measurable: Ukurlah! Jika kamu ingin menurunkan berat badan, berapa berat yang ingin kamu turunkan pada akhir bulan?
  3. Achievable: Apakah mungkin bagi kamu untuk mencapai tujuan ini? Jika tidak, sesuaikan agar sesuai dengan jangkauan kamu.
  4. Relevant: Mengapa ini penting? Apakah itu selaras dengan tujuan atau sasaran lain yang penting bagi kamu?
  5. Timely: Kapan kamu harus menyelesaikan ini?

Tips Kaizen

Apakah kamu baru memulai atau telah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun, kamu dapat menggunakan kaizen untuk memperbaiki proses dan meningkatkan efisiensi.

Jika kamu baru mengenal kaizen, berikut beberapa tipnya:

  1. Mulailah dengan satu tugas kecil dan tetap sederhana. Idenya bukanlah merombak seluruh bisnis kamu dalam semalam; ini tentang membuat perubahan kecil yang bertambah seiring waktu.
  2. Melacak apa yang berhasil dan apa yang tidak. Kamu akan belajar dari setiap pengulangan dan mencari tahu ide mana yang benar-benar mendorong hasil untuk perusahaan kamu dari waktu ke waktu.
  3. Pastikan semua orang di tim terlibat dalam proses kaizen—dan pastikan semua orang memahami mengapa itu penting. Tidak ada yang lebih buruk daripada bekerja keras pada sesuatu hanya untuk mengetahui kemudian bahwa tidak ada orang lain yang peduli atau mendukungnya.

Demikianlah penjelasan lengkap terkait Kaizen, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again